Terkuak, Bangkai Pesawat Ditemukan Nelayan Paciran

402 dibaca

▪︎Merupakan Bangkai Pesawat Perang Dunia II Milik Belanda

▪︎LAMONGAN-POSMONEWS.COM,-
Heboh penemuan bangkai pesawat oleh nelayan Miftah (54), warga Desa Weru, RT 001 RW 003, Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, mulai terkuak.

Penemuan bangkai pesawat itu awalnya ditemukan saat nelayan menjaring ikan di laut dan menyangkut di bangkai pesawat itu, Selasa (23/5/2023).

Ternyata, bangkai pesawat pengebom Martin 166 WH-3 milik Kerajaan Belanda ditemukan nelayan Desa Weru, Kecamatan Paciran Lamongan. Pesawat ini tercatat jatuh dan hilang pada 23 Desember 1941.

Data ini diungkap Pegiat Sejarah Begandring Zaki Yamani. Menurutnya, data tersebut sesuai dari data yang ia dapatkan dan ia menduga kuat bahwa bangkai tersebut merupakan pesawat pengebom Martin 166 WH-3.

“Saya cari datanya pesawat yang jatuh di Laut Jawa itu memang ada 2. Yang satu bulan Maret 1941, itu terjadi kerusakan mesin berhasil mendarat di laut tapi bangkainya berhasil diangkat kemudian diperbaiki dan bisa terbang lagi,” terang Zaki, Kamis (25/5/2023).

“Nah yang kedua, itu jatuh pada 23 Desember 1941. Pesawat ini hilang di Laut Jawa gitu. Dengan 4 orang krunya sebenarnya ada 3 kru pesawat Martin ini. Kenapa ada 4 kemungkinan karena jaraknya jauh jadi membawa pilot cadangan. Jadi 2 pilot, 1 navigator dan satu bagian radio. Jadi 4 orang,” imbuhnya.

Dari data yang diperoleh juga, pesawat itu mulanya terbang dari Singkawang ke Palembang. Pesawat ini merupakan milik dari Angkatan Udara Kerajaan Belanda.

“Milik ML – KNIL (Militaire Luchtvaart Koninklijk Nederlands Indisch Leger) pesawat ini terbang dari Singkawang dengan tujuan Palembang,” ujar Zaki.

“Namun sebab hilangnya pesawat ini tidak diketahui, apakah faktor cuaca, kesalahan manusia, kerusakan mesin, sebab lain dan atau disergap oleh pesawat Jepang. Masih misteri,” tandasnya.

Sebelumnya, sebuah video tersebar di aplikasi percakapan menunjukkan bangkai sebuah pesawat terdampar di tepi pantai. Video yang beredar itu berdurasi 1 menit 22 detik. Menurut pembuat video, salah seorang nelayan Desa Weru, Paciran, Lamongan menemukan bangkai pesawat diduga pesawat tempur dari zaman Belanda.

Dari pantauan detikJatim, bangkai pesawat tempur itu ditemukan hanya satu potong bagian. Saat ditemukan bangkai pesawat tempur, tidak ada tanda atau jenis pesawat. Kondisi bangkai pesawat tempur berkarat dan banyak mengelupas di bagian kulit. Selain itu tampak bagian depan hingga tengah atau kokpit serta sayap.

Pesawat ditemukan nelayan saat menjaring ikan, Minggu (21/5/2023) di kedalaman laut 30 meter atau 14 mil dari daratan. Dikira mendapat ikan besar, sang nelayan membawa hasil tangkapan itu pulang. Namun di tengah perjalanan, solar sang nelayan habis.

Lantas dirinya pulang dan mengajak teman-temannya turut membantu mengevakuasi. Penemuan pesawat tempur itu akhirnya dilaporkan ke dinas terkait.▪︎[DANAR/ARIFIN]