Ganjar Pranowo Resmi Capres 2024 dari PDIP

3,309 dibaca

▪︎Menunggu Lakon Semar Mbangun Kahyangan (1)

▪︎SURABAYA-POSMONEWS.COM,-
Gong yang ditunggu para pendukung Ganjar Pranowo akhirnya tertabuh dan mengumandang di seluruh negeri. Tatkala Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan Ganjar Pranowo resmi sebagai bakal capres dari partainya. Megawati mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai capres dari PDIP.

“Maka pada jam 13.45 dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim, menetapkan saudara Ganjar pranowo, sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah, sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon Presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,” kata Megawati di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4).

Megawati didampingi oleh Presiden Jokowi saat pengumuman Ganjar Pranowo capres PDIP. Selain itu, ada juga Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Setelah Megawati mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai capres, Megawati memakaikan peci hitam Bung Karno kepada Ganjar Pranowo. Menurut Megawati, peci merupakan budaya orang Indonesia, identitas nasional.

Ganjar Pranowo diberikan kesempatan bicara usai resmi menjadi capres PDIP. Ganjar Pranowo mengaku mendapat kehormatan ditugaskan sebagai capres PDIP.

“Tentu ini adalah suatu keputusan yang diambil ketua umum melalui proses yang sangat panjang. Sebuah kehormatan buat saya mendapatkan tugas ini sebagai kader partai, di sampaing tentu tugas ini tidak mudah,” kata Ganjar di Istana Batutulis.

Ganjar berterima kasih kepada Megawati, Puan Maharani, Prananda Prabowo, Jokowi, hingga Hasto Kristiyanto. Ganjar juga berterima kasih kepada seluruh kader PDIP dan meminta dukungan.

“Kami mohon dukungan, kami mohon kritikan, saran, inilah momentum untuk kita untuk mengkonsolidasikan kekuatan untuk bersatu,” ujar Ganjar.

Pasca resmi sebagai bacapres PDIP, tercatat telah ada tiga partai politik nasional sudah resmi mendukung Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo akan berebut kursi RI -1. Selain partai penguasa PDIP, partai nonparlemen yakni PSI dan Hanura turut mencapreskan Ganjar.

PSI menjadi partai pertama yang mencapreskan Ganjar Pranowo melalui polling Rembuk Rakyat. Kemudian dukungan kepada Ganjar Pranowo datang dari partainya sendiri, PDIP, dan dilanjut dukungan Partai Hanura.

PSI Umumkan Capreskan Ganjar Pranowo
Pada Oktober 2022, PSI memutuskan mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden atau capres di Pilpres 2024. PSI menyebut keputusan itu berdasarkan hasil polling Rembuk Rakyat yang telah dilakukan sejak akhir Februari 2022.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengatakan Ganjar unggul dibandingkan calon lain. Dia menilai Ganjar memiliki sikap kebangsaan yang diperjuangkan PSI.

“Sejak awal Mas Ganjar unggul dibandingkan kandidat lainnya. Bagi PSI Ganjar adalah calon terbaik karena memiliki kebangsaan dan kebinekaan yang sama dengan apa yang selama ini diperjuangkan PSI,” ujarnya.

Terhadap faktor dukungan riil atau fisik untuk mengusung tokoh yang dianggap pantas sebagai pengganti presiden Joko Widodo. Penunjukan Ganjar sebagai Capres 2024 ini berdasar pandangan metafisik dan spiritual telah merujuk pada benang merah wahyu Nusantara.

Hal yang disimpulkan oleh para winasis yang merupakan narasumber posmonews.com, yang menyebut sebagai pengejahwantahan Lakon Semar Mbangun Kahyangan.

Bahwa, Semar adalah sosok rakyat jelata yang hanya seorang abdi sebuah bentuk penggambaran masyarakat yang miskin dan selalu dianggap remeh oleh orang-orang yang merasa memiliki pengetahuan tinggi dan berkuasa.

Namun sebenarnya Semar adalah tokoh yang menggambarkan sifat-sifat yang mewakili kepribadian yang dihidupkan oleh pencerita (Dalang). Dan, kisah Semar Mbangun Kayangan, adalah sebuah bentuk edukasi moral dan nilai filosofi kepemimpinan. (bersambung).*DANAR SP*