Gedung PHI Ambruk akan Dibangun Hotel Syariah

249 dibaca

▪︎LAMONGAN-POSMONEWS.COM,-
Publik masih ingat ambruknya Gedung Persaudaraan Haji Indonesia (PHI) atau Asrama Haji Lamongan pada Minggu (2/10/2022) silam. Saat itu muncul rumor santer akan dibangun hotel mewah di lokasi tersebut.

Hal yang menjadi isu liar, bahwa gudung yang mangkrak selama pandemi covid 19 itu sengaja dibiarkan merana hingga akan aus pada waktunya.

Terkini, gedung yang berada “tusuk sate” di Jalan Soemargo Lamongan itu akan dipermak total jadi hotel syariah. Benarkah?

“Ya, memang sudah dirapatkan dalam rapat kerja (raker) 1 dan 2 pengurus IPHI Lamongan akan dirombak menjadi hotel syariah yang representatif,” kata Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Lamongan KH Abdul Rouf kepada wartawan, Selasa (31/1/2023).

Dalam rapat pengurus IPHI, kata pria yang juga wakil bupati Lamongan, sudah disepakati akan dibangun hotel yang representatif berbentuk hotel syariah. Hasil raker yang merekomendasikan untuk membangun kembali asrama haji menjadi sebuah hotel tersebut, juga ditindaklanjuti dengan rapat harian dan tinggal mencari investor yang bersedia membangun hotel tersebut.

“Sudah ditindaklanjuti dengan rapat harian IPHI Lamongan, kemudian diplenokan, tinggal nanti mencari investor,” ujarnya.

Rouf mengungkapkan, gedung asrama haji yang ambruk tersebut memang usianya sudah lama dan sejak lama memang sudah tidak ditempati. Saat ini, lanjut Rouf, masih melengkapi berkas data dan surat menyurat semisal data yayasan kepemilikan dan pendiri.

“Saat ini masih melengkapi persyaratan surat menyurat seperti data kepemilikan yayasan dan juga pendiri,” paparnya.

Sejak ambruk 4 bulan lalu, gedung PHI Lamongan tampak terbengkalai dan seperti tidak tersentuh renovasi. Rumput liar banyak tumbuh liar di halaman sampai dalam bangunan. Saat ini yang tersisa dan masih berdiri hanya bagian depan gedung yang difungsikan sebagai kantor IPHI Lamongan.

Gedung PHI Lamongan ambruk Minggu (2/10/2022) siang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya saja kondisi bagian dalam gedung rusak parah. Bagian tengah gedung itu ambruk beserta atap dan rangka baja mengarah ke tengah bangunan.

Selain bagian atap yang ambruk ke bawah, bagian fondasi gedung juga sudah terlihat miring dan semua dinding tembok sudah tidak ada utuh karena mengalami keretakan di semua sisi.
*DANAR SP*