Reformasi 2023, OPD dan Camat Harus Miliki Proyek Spektakuler

151 dibaca

▪︎LAMONGAN-POSMONEWS.COM,-
Bupati Lamongan, H. Yuhrohnur Efendi, menghadiri kegiatan Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda) Kabupaten Lamongan tahun 2022 pada Selasa (27/12) di Pendopo Lokatantra, mengajak untuk memaknai kegiatan Larwasda ini bukan sebagai rutinitas semata.

Namun selebihnya adalah sebagai langkah evaluasi kinerja pemerintah. Kedepannya, beliau meminta agar seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Camat melakukan perubahan, bertransformasi menjadi lebih baik.

“Ke depan saya minta bahwa lakukan transformasi untuk seluruh OPD, lakukan change. Memang di dalam manajemen pemerintahan pengawasan itu di belakang, tapi sesungguhnya ini mempunyai arti yang sangat penting dari seluruh aspek manajemen pemerintahan, kita lakukan evaluasi supaya ke depannya perencanaan lebih baik lagi,” terang Pak Yes.

Selain untuk mengajak Kepala OPD dan Camat yang hadir meningkatkan kapasitas dan kemampuan setelah pengawasan, pada kesempatan tersebut Pak Yes juga menginstruksikan akan adanya perubahan di tahun 2023. Setiap OPD dan Camat harus menunjukkan value dari apa yang telah dicapai, dan ini harus berdampak pada masyarakat juga pada kinerja pemerintah.

“Seluruh OPD maupun Camat saya minta punya program dan kegiatan yang sekiranya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat ketika lebaran nanti, dan kawal terus dalam prosesnya. Pilih yang sekiranya ini strategis, harus ada perubahan, agar pemudik yang pulang ke Lamongan nanti tidak kecewa, bangga melihat perubahan pembangunan di Lamongan yg semakin baik,” instruksi Pak Yes.

Tidak hanya itu, Pak Yes mengapresiasi respon cepat beberapa pihak dalam menangani aduan masyarakat. Beliau juga mengajak untuk terus berbenah menyempurnakan persoalan-persoalan yang berdasarkan hasil evaluasi dirasa kurang sempurna.

“Terima kasih kepada semua yang telah berjalan baik, kita sudah baik tapi kita harus terus membenahi persoalan-persoalan yang harus kita sempurnakan. Supaya benar-benar APBD tahun 2023 ini kita kawal, dan mempunyai daya ungkit yang baik bagi pelayanan publik kita, bagi kesejahteraan masyarakat, dan tentu bagi kepuasan masyarakat secara umum di Kabupaten Lamongan,” pungkas Pak Yes.

Diungkapkan Plt. Inspektur Kabupaten Lamongan Mugito, bahwa kegiatan Larwasda ini dimaksudkan untuk memberikan informasi gambaran pelaksanaan semua kegiatan yang dilaksanakan oleh OPD di jajaran Pemerintah Kabupaten Lamongan, yang telah berjalan selama 1 tahun, dengan tujuan agar seluruh pimpinan OPD memperoleh informasi hal baik yang positif, dan dapat memperbaiki hal-hal yang dianggap butuh untuk disempurnakan, untuk mengevaluasi dan mengidentifikasi masalah atau hambatan, dan sebagai pedoman OPD dalam menanggapi hasil evaluasi.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, 2 narasumber perwakilan dari BPK (Badan Pengawas Keuangan) Provinsi Jawa Timur, Auditor Madya selaku Pengendali Teknis Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah Yohanes Tukijan dan Ignasius Sugiharto, menyampaikan materi terkait manajemen resiko.▪︎[DANAR/ARIFIN]