Proges Tol Sayung-Demak Seksi 2 Capai 97,82 Persen

125 dibaca

▪︎Kementerian PUPR Targetkan Beroperasi Akhir 2022

▪︎SEMARANG-POSMONEWS.COM,-
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menargetkan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2 beroperasi akhir 2022.

Hal itu dilakukan sebagai upaya mendukung libur Natal dan Tahun Baru 2023. Hingga saat ini untuk Seksi 2 Sayung-Demak sepanjang 16,31 km telah mencapai progres 97,82 persen.

“Harapan kita pada akhir tahun ini Seksi 2 bisa dioperasikan untuk mendukung pelaksanaan libur Natal dan Tahun Baru 2023, ataupun dapat dilakukan fungsional jika belum keluar SK operasional dan dinikmati oleh masyarakat bersama-sama,” ujar Kepala BPJT, Danang Parikesit kepada wartawan.

Jalan tol ini menjadi kunci penting dalam mengurai kemacetan yang sering dialami pengendara yang melintas di jalan nasional Pantura sampai menuju ke Demak, sehingga penyelesaian Jalan Tol Semarang-Demak harus segera diselesaikan.

“Selain itu, jalan tol ini memberikan akses yang mudah menuju Kota Demak dan tentunya dapat meningkatkan interaksi ekonomi, meningkatkan pariwisata, hingga mendukung kelancaran arus logistik dari barat ke timur, dari Jawa Timur ke Jawa Tengah hingga ke DKI Jakarta,” kata Danang.

Jalan Tol Semarang-Demak merupakan jalan tol di atas laut terintegrasi dengan Tanggul Laut Kota Semarang. Selain itu, juga berfungsi untuk penahan banjir rob, serta mengatasi banjir dan genangan air yang selama ini menjadi permasalahan Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah.

Jalan Tol Semarang-Demak memiliki total panjang 26,7 km, terbagi menjadi dua seksi, yakni Seksi 1 (Semarang-Sayung) sepanjang 10,69 km merupakan porsi pemerintah dan saat ini sedang dalam tahap pembebasan lahan untuk dilanjutkan konstruksinya.

Sementara Seksi 2 (Sayung-Demak) sepanjang 16,31 Km merupakan porsi badan usaha jalan tol (BUJT) PT. Pembangunan Perumahan Semarang Demak, ditargetkan pada akhir tahun ini selesai konstruksinya secara keseluruhan dan dapat dioperasikan.▪︎[FEND]