Hala Fruit Menjaga Kesehatan Jantung dan Tingkatkan Libido

491 dibaca

▪︎POSMONEWS.COM,-
BANYAK masyarakat Indonesia tidak mengetahui manfaat
buah Hala (Pandanus tectorius), merupakan tanaman Pandanaceae termasuk keluarga Pinus sekrup. Tanaman buah tersebut tumbuh di daerah maritim tropis, sub-tropis, dan hangat. Lantas apa manfaat pandan laut itu bagi kesehatan?

Tanaman ini berasal dari Asia Selatan (India selatan, Sri Lanka), Asia Tenggara (Myanmar, Thailand, Malaysia, Indonesia, Filipina), ke timur melalui Papua Nugini dan Australia utara tropis dan meluas ke seluruh kepulauan Pasifik, termasuk Melanesia, Mikronesia, dan Polinesia.

Hala Fruit dikenal sebagai buah pandan laut. Bentuknya seperti nanas, dan daging buahnya padat berbentuk ruas. Ada sekitar 1 – 15 karpel per ruas yang terbentuk begitu unik dalam baris paralel. Saat matang, buah ini akan berwarna kuning pucat, kuning tua, oranye, hingga merah.

Sama seperti buah lainnya, buah Hala juga memiliki kandungan gizi cukup lengkap, antara lain seperti vitamin C, serat, flavonoid, dan berbagai mineral. Manfaat buah Hala pun juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat buah Hala bagi kesehatan dilansir dari healthbenefitstimes.com. dan merdeka.com.

Manfaat buah Hala, pertama untuk kesehatan jantung. Mengonsumsi buah Hala kaya serat dinilai baik bagi kesehatan jantung. Buah ini akan menjadi alternatif membantu meningkatkan sirkulasi darah. Dengan meningkatkan sirkulasi, dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung.

Ada banyak bukti bahwa menambahkan serat ke dalam makanan dapat mengurangi risiko penyakit jantung serta sejumlah penyakit lainnya. Tinjauan sistematis tentang hubungan antara penyakit kardiovaskular dan asupan serat yang diterbitkan pada tahun 2013 menegaskan bahwa menyimpulkan asupan serat buah memang mengurangi risiko penyakit jantung.

▪︎Tingkatkan Energi

Manfaat buah Hala, kedua untuk meningkatkan energi. Buah Hala akan memberi nutrisi berkualitas dapat meningkatkan energi dan mencegah tubuh dan pikiran menjadi lelah. Dengan buah-buahan kaya vitamin seperti Hala, dapat mendorong tambahan energi sehingga tubuh tidak mudah merasa lesu. Jika tingkat energi rendah, cobalah segelas Hala dan jus kelapa di pagi hari. Ini akan memberi dorongan energi yang besar dan tahan lama.

Manfaat buah Hala, ketiga untuk kesehatan pencernaan. Seperti banyak jenis buah, Hala adalah sumber serat makanan yang baik. Penelitian menetapkan bahwa lebih banyak serat dapat meningkatkan kesehatan kita dalam berbagai cara.

Serat dapat membantu mengobati dan mencegah berbagai masalah pencernaan umum seperti sembelit, kembung, perut kembung dan bahkan diare. Penelitian juga menunjukkan bahwa menambahkan banyak serat ke dalam diet dapat mengurangi risiko penyakit serius seperti kanker.

▪︎Kram Menstruasi

Manfaat buah Hala, keempat yakni mengatasi kram menstruasi. Dalam penggunaan tradisional, mengonsumsi buah Hala dapat membantu wanita melawan rasa sakit bulanan yang mereka alami sebagai akibat dari siklus menstruasi.

Meskipun tidak sekuat penelitian ilmiah, bukti anekdotal sering kali dapat diandalkan dan banyak penelitian kemudian mendukung apa yang telah diketahui penduduk setempat.

▪︎Mengontrol Berat Badan

Manfaat buah Hala, kelima untuk bantu kontrol berat badan. Makan buah-buahan kaya serat seperti hala dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, berarti sistem pencernaan akan bekerja lebih efektif. Ini juga dapat membantu memuaskan nafsu makan serta membantu merasa lebih kenyang sepanjang hari.

Dengan rasa lapar yang berkurang, dapat mencegah mengemil junk food dan akan mengonsumsi lebih sedikit kalori. Dalam jangka panjang, hal ini dapat menyebabkan penurunan berat badan secara bertahap.

▪︎Meredakan Sakit Kepala

Manfaat buah Hala berikutnya membantu meredakan sakit kepala. Menurut penggunaan tradisional dan pengetahuan lokal, buah Hala dipercaya dapat membantu meredakan sakit kepala dan migrain yang menyakitkan.

▪︎Meningkatkan Libido

Manfaat buah Hala, terakhir membantu meningkatkan libido. Menurut penduduk setempat yang telah mengonsumsinya dalam jangka waktu lama, buah Hala dipercaya memiliki sifat afrodisiak. Banyak klaim bahwa herbal dan makanan lain dapat meningkatkan kehidupan seks, sehingga kita cenderung meminumnya dengan garam dalam dosis besar.

▪︎Tips Penyimpanan

Berikut ini merupakan salah satu alternatif tahapan dalam melakukan penyimpanan terhadap buah pandan laut:

– Pisahkan buah yang baik dengan buah yang busuk (sortasi).

– Potong buah menjadi beberapa bagian agar ukurannya mengecil dan mudah dikeringkan.

– Keringkan dalam oven dengan suhu sekitar 50 derajat celcius.

– Hancurkan buah pandan laut yang telah kering menggunakan blender kemudian ayak.

– Masukkan hasil ayakan berupa bubuk buah pandan laut dalam tempat yang ditutup dengan aluminium foil.

Simpan dalam freezer atau tempat yang memiliki suhu antara 2 hingga 4 derajat celcius untuk menjaga kadar air, karoten dan kandungan gizi lainnya.

▪︎Tips Konsumsi

Berikut ini merupakan beberapa alternatif konsumsi pandan laut sebagaimana telah banyak dilakukan diberbagai wilayah:

▪︎Jus Buah Pandan Laut dan Kelapa

Untuk dapat mengembalikan energi tubuh, konsumsi jus buah pandan laut dengan kelapa merupakan pilihan yang tepat.

▪︎Bahan Makanan Pokok

Buah pandan oaut diketahui telah dimakan dan menjadi makanan pokok di Mikronesia termasuk Kepulauan Marshall, Negara Federasi Mikronesia, dan Kiribati.

▪︎Biji Pandan Laut Panggang

Biji pandan laut yang ditemukan di rongga kayu di setiap segmen diketahui juga dapat dikonsumsi dengan cara dipanggang.

▪︎Selai Buah Pandan Laut

Selain jus, buah pandan laut juga dapat diolah dan dijadikan sebagai dan selai dengan rasa khasa manis asam.

▪︎Daging Buah Pandan Laut

Daging buah pandan laut diketahui dapat diawetkan dan dicampur dengan krim kelapa sehingga tercipta makanan manis yang nikmat.

▪︎Pasta Pandan Laut

Pasta, yang dibandingkan dengan rasa, tekstur, dan tampilan kurma, dibuat dengan merebus dan memanggang bagian yang sudah matang, diikuti dengan mengekstraksi, mengolah, dan mengeringkan ampasnya.

▪︎Penyedap Makanan

Daun pandan laut diketahui dapat dijadika sebagai penyedap masakan seperti kari.

▪︎Makanan Penutup

Bubur buah pandan laut umumnya dapat digunakan sebagai makanan penutup seperti chutney.**(zi/ahm)