Berlanjut Festival Gandrung Rajungan di WBL

569 dibaca

▪︎Catatan dari Festival Pindang Megilan 2022 (2-Habis)

▪︎LAMONGAN-POSMONEWS.COM,-
Kabupaten Lamongan memiliki potensi tinggi dari sumber daya alam yang tersedia dari kelautan. Dengan bermodal garis pantai sepanjang 47 km, para pelaku usaha perikanan tangkap (laut) di Kabupaten Lamongan, yang diperkuat sekitar 20 ribu nelayan, sanggup memproduksi 79,8 ribu ton berbagai jenis ikan pada 2020. Data ini menurut laporan Dinas Perikanan setempat, ada kenaikan 3,7 persen dibanding 2019.

Akan halnya dengan perikanan budi daya, baik usaha tambak air payau maupun kolam air tawar, produksinya mencapai 59,7 ribu ton pada 2020. Ada kenaikan 4,1 persen dibanding 2019. Tak hanya produksi ikan yang meningkat. Secara umum, menurut laporan Dinas Perikanan Lamongan, yang dirilis terbuka secara online, indeks kesejahteraan nelayan dan pelaku budi daya perikanan itu pun meningkat, dari 127 menjadi 159. Sebuah lompatan yang signifikan.

Dengan produksi ikan tangkap (laut) sebesar 79,8 ribu ton, Lamongan berkontribusi 18,6 persen ke Provinsi Jawa Timur. Tak pelak, Lamongan adalah produsen terbesar di Jawa Timur. Ia melampaui produksi ikan dari daerah-daerah tapal kuda seperti Pasuruan, Situbondo, Bondowoso, dan bahkan Banyuwangi yang terkenal dengan pelabuhan nelayannya di Muncar.

Secara nasional, perikanan tangkap Lamongan memberikan sumbangan 4,7 persen pada 2020. Pada tahun yang sama, kontribusi ikan hasil budi dayanya (akuakultur) sekitar 1 persen.

Dari kolam air tawar Lamongan diproduksi ikan nila, ikan mas, dan tawes. Pada kolam air payaunya dihasilkan bandeng, yang produksinya mencapai 19 ribu ton per tahun, ikan kerapu dalam jumlah terbatas, dan primadonanya adalah udang vaname dengan angka produksi tak kurang dari 15.000 ton per tahun.

Dari potensi hasil laut yang diperoleh nelayan Pantura inilah disosialisasikan oleh Pemkab Lamongan dengan menggelar berbagai festival yang berhubungan dengan perikanan laut, salah satunya Festival Pindang Megilan 2022 di Brondong.

Terkini akan ada agenda yang menarik yang akan tergelar di wilayah Pantura, yakni Festival Gandrung Rajungan, yang rencananya di gelar di Paciran, tepatnya di halaman parkir Wisata Bahari Lamongan (WBL), Selasa (13/9/2022) mendatang.

“Dalam Festival Gandrung Rajungan Paciran 2022 ini juga ada lomba rajungan terbesar, dan Bazar UMKM oleh Bundes se-kecamatan Paciran. Pengunjung juga bisa menikmati 1000 menu rajungan dan minuman legen bersama Bupati Lamongan, H. Yuhrohnur Efendi (Pak Yes). Tidak lupa ada hiburan seni dan budaya Paciran,” kita Camat Paciran, Agus Hendrawan, S.STP, M.A.P pada media di Lamongan, berharap bisa dipublikasikan sehingga acara Festival Gandrung Rajungan ini akan sukses dan menjadi agenda kebanggaan Pemkab. Lamongan.
**(DANAR/ARIFIN)