Pembongkaran Oprit, Jembatan Sembayat Baru Mulai Diperbaiki

478 dibaca

▪︎GRESIK-POSMONEWS.COM,-
Jembatan Sembayat Baru, Gresik, Jawa Timur, ambles. Jembatan penghubung antara jalur pantura Kecamatan Manyar dan Bungah ini ditutup selama tiga bulan hingga 30 Oktober 2022 mendatang.

Penutupan dilakukan karena permukaan samping jembatan ambles sehingga memerlukan perbaikan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Jawa Timur–Bali, Sentot Wijayanto, mengatakan kepada wartawan bahwa penutupan jembatan ini karena adanya perbaikan di sisi utara. Proses pengerjaanya pun bakal membutuhkan waktu 3 hingga 4 bulan.

“Bukan jembatannya yang diperbaiki, tetapi oprit atau jalan pendekatnya. Jadi jembatannya masih aman, tapi jalan pendekatnya yang kita perbaiki,” katanya kepada wartawan.

Pantauan di lapangan, jembatan baru dibangian itu mengalami keretakan. Umur bangunannya terbilang baru dibandingkan jembatan lama. Namun pada bagian bawah jembatan terdapat tulisan angka dan garis penanda menunjukkan mengalami ambles.

Jembatan Sembayat Baru ditutup sejak terjadinya keretakan, Minggu (3/7/2022) lalu. Penutupan itu dilakukan untuk keperluan pembongkaran oprit (penghubung jalan dengan jembatan) yang sudah dikerjakan.

“Iya pemasangan rambu-rambu penutupan terpasang sejak Minggu (3/7/22) lalu, pembongkaran opritnya,” kata Sentot Wijayanto.

Sentot menjelaskan pengerjaan jembatan sempat mundur dari jadwal yang ditentukan. Hal ini dikarenakan alat berat yang digunakan baru bisa digunakan.

Pembongkaran oprit jembatan itu, lanjut Sentot, dilakukan karena kondisinya terus ambles setiap bulannya. Sejak diresmikan pada tahun 2019 lalu, Oprit jembatan mengalami ambles hingga 15 sentimeter.

Proses perbaikan membuat Jembatan Sembayat Baru ditutup total. Pengerjaan tersebut dilakukan selama 3 sampai 4,5 bulan.

Perkuatan Struktur

Sementara itu dikutip dari laman
sales@ptnac.com bahwa perkuatan struktur adalah sebuah upaya untuk meningkatkan kekuatan serta juga ketahanan pada struktur beton. Selain itu juga untuk mencegah terjadinya kerusakan lebih besar pada struktur beton.

Memperkuat struktur beton merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan saat struktur beton mengalami kegagalan atau pun mempunyai rencana penambahan beban (baik beban hidup atau pun beban mati.

Struktur Eglass

Eglass merupakan material perkuatan struktur beton berbahan modifikasi serat kaca sehingga tercipta sebuah bahan dengan kekuatan tarik yang cukup tinggi. Material eglass ini berbentuk lembaran kain dengan variasi ukuran lebar.

Carbon Wrap (CFRP)

Carbon wrap atau CFRP ini adalah material perkuatan struktur beton berbahan serat carbon dengan kekuatan tarik lebih tinggi dibandingkan dengan material eglass. Jenis material ini dapat menambah kekuatan lentur maupun juga kuat geser dari struktur beton.

Carbon Plate

Carbon Plate adalah jenis material perkuatan yang telah berbentuk composite ini memiliki kesamaan bahan dengan carbon wrap, bentuk fisik carbon plate berupa plat lebar 5 cm, 10 cm dan juga 15 cm. Dengan carbon plate ini dapat memberikan tambahan kekuatan pada daya lentur serta daya topang pada beton.

Menjadi Ikon Gresik

Sejak diresmikan tahun 2019 lalu, Jembatan Sembayat Baru, menjadi salah satu ikon Kota Gresik. Jembatan terlihat megah, Pemkab Gresik mempercantik jembatan dengan lampu  tematik.

Pemasangan lampu tematik di Jembatan Sembayat Baru dengan lampu warna-warni pada tiang penyangga jembatan, membuat terlihat cantik bila malam hari.

Diresmikan sejak 2019, Jembatan Sembayat Baru sepanjang 350 meter dan menelan anggaran Rp 173 miliar. Jembatan di atas Sungai Bengawan Solo itu berdampingan dengan Jembatan Sembayat lama. Keduanya masih berfungsi dengan sistem lalu lintas satu arah.**(fend)