Tradisi Pembiasaan sebelum Proses KBM MTs. ASSAADAH I

415 dibaca

▪︎GRESIK–POSMONEWS.COM,-
Tradisi sebelum kegiatan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai, setiap pagi seluruh siswa MTs. Assaadah I Sampurnan, Bungah, Gresik, Jawa Timur, melakukan apel pagi, Minggu (31/7/22).

Kegiatan apel pagi tersebut di halaman Gedung MTs. Assaadah I Sampurnan, Bungah, diwajibkan semua siswa mengikuti. Adapun kegiatan diisi dengan pembiasaan-pembiasaan di antaranya;

Pembacaan Alquran juz 30 atau Juz Amma dimana pembacaan surat-surat pendek tersebut dibaca sesuai dengan jadual yang sudah ditentukan MTs. Assaadah I.

Dalam kegiatan tersebut dipimpin 2 siswa sebagai pemandu dalam membaca Alquran dan setiap siswa diwajibkan mengikuti pembacaan tersebut secara bersama-sama.

“Tujuan utama pembacaan surat-surat pendek atau juz Amma ini diharapkan melatih kebiasaan siswa menghafal jus Amma tersebut,” ujar Kepala MTs. Assaadah I, Sampurnan, Bungah, Choirul Anam, S Pd.

Setelah pembacaan Alquran dilanjutkan dengan pembacaan Asmaul Husnah secara bersama-sama dengan harapan agar supaya semua siswa MTs. Assaadah I, hafal Asmaul Husnah.

Tidak hanya sampai di situ, setelah apel pagi. Para siswa melakukan salat Dzuha dua rakaat secara berjamaah.

Setelah mengerjakan salat Dzuha berjamaah, setiap siswa melakukan khataman Alquran, dimana setiap siswa diberikan satu lembar Alquran yang harus dibaca dalam waktu 5 menit secara bersama-sama.

“Tradisi ini kita harapkan kelak semua siswa lulusan dari MTs. Assaadah I, gemar membaca, memahami dan mengamalkan Alquran,” tegas Pak Anam.

Kegiatan tersebut ditutup dengan pembiasaan yang ditargetkan oleh Yayasan Pondok Pesantren Qomaruddin (YPPQ). Di antaranya pembiasaan bicara dengan menggunakan Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Jawa, baca Kitab Takrib, serta Istighosah, Tasrifan, dan Rotibul Haddad.

“Semua kegiaatan tambahan ini dilaksanakan secara bergantian setiap hari sesuai dengan jadual yang ditentukan. Setelah rangkaian kegiatan di atas selesai, maka seluruh siswa MTs. Assaadah I, melaksanakan kegiatan belajar mengajar dimulai pukul 07.00 WIB,” pungkas Pak Anam.**(A6am/ahm)