Sambut Tahun Baru Islam 1444 H, Pemkab Lamongan Gelar Festival Muharram dan OPOP

317 dibaca

▪︎LAMONGAN-POSMONEWS.COM,-
Detik-detik pergantian Tahun Baru Islam 1444 Hijriah dirayakan oleh Pemerintah Kabupaten Lamongan dengan menggelar berbagai kegiatan bernuansa Islami di Alun-alun Lamongan, Jumat sore (29/7/2022).

Dengan spirit Menuju Kejayaan Lamongan yang berkeadilan, kegiatan perayaan Tahun Baru Islam 1444 H, ini disemarakkan Festival Muharram dan Pawai Taaruf yang melibatkan para pelajar dari seluruh Lamongan.

Kabag Prokopim Pemkab Lamongan, Arif Bachtiar, mengatakan Kegiatan Tahun Baru Islam ini sempat vakum sekitar 2 tahun karena situasi pandemi. Namun tahun ini Muharram Festival akan kembali digelar karena situasi sudah memungkinkan.

“Selain Festival Muharram, dan Pawai Taaruf. Ada panggung hiburan yang menampilkan berbagai macam pentas seni.

Ada tarian sufi, musik bernuansa Islami seperti gambus dan nasyid. Semua ini untuk menghibur warga Lamongan,” tuturnya.

Dari pantauan posmonews.com, di Festival Ramadhan 1444 H Pemkab Lamongan ini juga melibatkan Pondok Pesantren untuk mempamerkan produk UMKM dari pondok pesantren yang ada di Lamongan.

Bupati Lamongan, Dr H. Yuhrohnur Efendi, MBA sempat mengunjungi beberapa stan yang menampilkan produk unggulan pesantren masing-masing. Pak Yes sangat mengapresiasi kiat UMKM ala pesantren yang dikenal dengan One Pesantren One Product (OPOP) ini.

Hal itu kembali ditegaskan oleh Bupati Yes dalam sambutannya, Dengan spirit Hijrah 1444H ini berharap Lamongan yang dipimpinnya akan semakin baik dan lebih baik dalam hal pembangunan maupun ekonomi warganya.

” Seperti kita ketahui, bahwa mayoritas masyarajat Lamongan ini beragama Islam, karena sudah sepantasnya kita bisa merayakan Tahun Baru Islam ini dengan semangat untuk lebih baik dalam segala hal, baik fisik (lahir) maupun batin. Hakikatnya, tahun baru Islam ini adalah milik kita semua, umat Islam yang ada di Lamongan dan di seluruh dunia.

Maka dengan spirit hijrah atau tahun baru Islam 1444 H ini marilah kita wujudkan kejayaan Lamongan yang berkeadilan,” kata Dr H. Yuhrohnur Efendi pada insan media.

Masih dari pantauan media ini di lapangan, untuk kawasan kota masih relatif aman dan lancar. Karena untuk pengamanan kegiatan Festival Muharram dan Pawai Taaruf ini, Satlantas Polres Lamongan tekah merekayasa lalu lintas di kawasan kota, terutama yang menuju ke alun-alun dan sekitarnya.

Tampak, sejumlah ruas jalan di dalam kota ditutup dan arus kendaraan dialihkan untuk sementara waktu hingga pawai usai.

“Ada beberapa ruas jalan yang akan dilakukan rekayasa arus lalulintas,” ujar Kasatlantas Polres Lamongan AKP Aristianto Budi Sutrisno saat dikonfirmasi media.

Aris menyebut rute yang dilalui peserta Pawai Taaruf meliputi simpang 4 Citra Medika, simpang 4 pasar kota, simpang 4 kawasan PKL, simpang 4 Toko Lancar, simpang 3 Bakso Palapa, simpang 3 rumah kaca, simpang 4 Pegadaian. Selanjutnya, rute menuju ke simpang 4 kencana, simpang 4 Toko Gresik dan simpang 3 kantor pos.

“Kami imbau kepada masyarakat yang akan melintasi ruas jalan tersebut agar menggunakan jalan alternatif lainnya,” tukasnya. **(DANAR/ARIFIN)