Kisah “The Ghost Palace” di Bedugul Bali

423 dibaca

▪︎POSMONEWS.COM,-
KEINDAHAN dan eloknya Pulau Dewata, Bali, tidak terelakkan lagi. Hampir setiap wisatawan domestik dan manca negara dibuat kagum. Tidak hanya soal alam yang menakjubkan.

Tradisi dan ritual masyarakat di Bali juga menyuguhkan eksotisme. Namun, di balik eloknya Bali, ada cerita mistis tersimpan di dalam tempat yang banyak dikunjungi wisatawan manca negara ini. Seperti kisah misteri sebuah hotel bintang lima yang tak berpenghuni.

Nama hotel ini menjadi viral setelah seorang travel writer bernama Jacob Laukaitis mengunggah video di akun Youtube miliknya. Dia mengaku tak sengaja menemukan hotel megah tak berpenghuni di Bedugul, Bali yang kosong.

Hotel itu bernama “Bedugul Taman Rekreasi Hotel & Resorts” atau “P.I. Bedugul Taman Hotel Restoran”. Hotel tersebut berlokasi di 50 km sebelah utara Kuta. Karena keangkerannya, wajar jika penduduk sekitar hotel menjulukinya “The Ghost Palace”, istana berhantu.

Ghost Palace Hotel adalah sebuah julukan. Julukan itu disematkan warga dan wisatawan asing yang senang dengan acara-acara berbau mistis pada sebuah hotel di kawasan Bedugul.

Sesuai dengan namanya, Ghost Palace Hotel diyakini sebagai penginapan yang berhantu dan menjadi istana bagi makhluk supranatural.

Kisah ini bermula sekitar bulan Desember tahun 2015 lalu. Seorang Traveler bernama Jacob Laukaitis menguggah video hasil rekamanya di hotel terlantar ini dan membuat Bali gempar dengan unggahannya.

Dalam video tersebut, Jacob mengaku bawa ia tak sengaja menemukan sebuah bangunan megah yang tak berpenghuni di daerah Bedugul, Bali.

Dalam videonya tersebut, tampak sebuah bangunan mewah yang sangat megah layaknya hotel berbintang lima dengan arsitektur orientalnya dan sebuah patung ular di tengah hotel.

Belakangan ini diketahui bahwa bangunan yang ditemukan oleh Jacob, adalah “Bedugul Taman Rekreasi Hotel & Resorts” atau “P.I. Bedugul Taman Hotel Restoran”. Berlokasi di sekitar 50 km sebelah utara Kuta.

Bagunan yang megah namun diselimuti hawa mistis ini sama sekali tidak berpenghuni dan bahkan tidak diketahui siapa pemiliknya hingga saat ini. Jadi wajar saja jika masyarakat bali menyebut tempat ini “The Ghost Palace”.

Tempat ini dipercaya sebagai istana dari berbagai makhluk yang ada di Pulau Bali. Banyak kisah dari warga sekitar yang muncul setelah viralnya video yang di unggah oleh Jacob.

Dikisahkan bahwa pernah ada seorang perawat yang meninggal di sana karena kondisi kerja yang tak layak. Arwahnya kemudian gentayangan dan menjadi penunggu di hotel tersebut.

Cerita yang sangat terkenal mengenai sejarah hotel ini. Ada kabar yang mengatakan bahwa sekitar tahun 1990-an hotel ini dibangun sebagai proyek investasi dari Tommy Soeharto, putra bungsu mantan presiden Indonesia ke-2, Soeharto.

Sayangnya pembangunan ini terhenti ketika Tommy di penjara pada tahun 2002 setelah dinyatakan bersalah karena kasus pembunuhan seorang hakim Mahkamah Agung. Ia diduga membunuh hakim tersebut karena mengetahui tindakan korupsi yang dilakukan Tommy. Sejak saat itu pembangunan Hotel P.I Bedugul terhenti.

Beberapa orang yang mengunjungi tempat tersebut juga pernah bertemu dengan sesosok hantu gadis berparas cantik yang memilik rambut pendek sepundak.

Hantu itu kerap mengganggu para pemuda yang mengunjungi tempat ini. Warga sekitar juga bercerita bahwa hantu ini terkadang suka keluar hotel dan menghentikan lajur kendaraan yang melewati kawasan itu untuk menggoda pegemudinya.

Apabila kalian beruntung, ketika kalian mengunjungi tempat ini saat malam hari, kalian akan mendengar seakan-akan tempat ini sangat ramai dengan berbagai aktifitas di dalamnya. Seolah-olah mereka ingin memberitahu kepada orang-orang bahwa gedung ini memang “berpenghuni”, padahal tempat ini sudah kosong selama beberapa dekade.

Meskipun bangunan ini terbengkalai dan belum rampung sepenuhnya. Namun siapapun yang mengunjungi tempat ini, pasti dapat merasakan kemegahan yang tercampur dengan aura kelam yang menyelimutinya. Hal tersebut juga yang membuat tempat ini sekarang menjadi tujuan para wisatawan baik dari dalam negeri maupun manca negara.

Para wisatawan yang penasaran mencoba untuk membuktikan cerita-cerita mistis yang tersebar oleh masyarakat Bali. Tidak sedikit juga yang sengaja datang untuk menguji nyali di dalam bangunan tersebut.

Beberapa saat lalu Ghost Palace Hotel masih dijaga oleh dua orang yang dikenal sebagai Petugas Kebersihan dan Penjaga Gerbang hotel. Siapapun yang ingin memasuki kawasan bangunan ini diharuskan membayar uang retribusi sebesar 10 ribu rupiah.

Karena banyak insiden-insiden yang terjadi kepada para wisatawan yang mengunjungi tempat ini, kabar terakhir yang didapatkan adalah bahwa kawasan Ghost Palace Hotel sekarang tertutup untuk umum dan siapa pun tidak diperbolehkan untuk masuk.**(zub/made)