Menteri Kebudayaan Yordania Buka World of Batik Workshop

629 dibaca

▪︎POSMONEWS.COM,-
Menteri Kebudayaan Yordania, Y.M. Ibu Haifa Najjar, telah membuka World of Batik Workshop: An Indonesian Batik and Culinary Experience di Wisma Duta Besar RI di Amman, 8 Juni 2022.

Dalam sambutannya, Menteri Najjar menggarisbawahi bahwa Yordania berada di tengah dunia Arab dan dikelilingi oleh berbagai perbedaan, namun tetap bersatu dalam kemanusiaan.

Menteri Najjar menyambut baik World of Batik Workshop, sehingga Yordania dapat belajar tentang Batik sebagai warisan budaya dari Indonesia, dan berharap kemitraan antara Indonesia dan Yordania akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang.

“Ini adalah bagian dari visi kami untuk belajar, karena Yordania adalah negara yang ingin terus belajar. Kami bangga dapat terbuka untuk dunia,” katanya.

Dalam sambutannya, Dubes Ade Padmo Sarwono menyinggung kesamaan budaya antara Indonesia dan Yordania, serta kesamaan visi kedua negara dalam mendukung budaya dan pakaian tradisional.

World of Batik Workshop diselenggarakan KBRI Amman bekerjasama dengan Dharma Wanita Persatuan KBRI Amman, dan telah menghadirkan Ibu Venny Alamsyah, tenaga ahli dari Batik House Indonesia.

Sekitar tiga puluh peserta dari Asian Ambassadors’ Ladies in Amman (AALIA), anggota dari Jordanian-Indonesian Friendship Association (JIFA), the Jordan Handicraft Producers Association, the Jordanian Association of Traditional Handicraft and Folk Arts, serta tamu lainnya telah berpartisipasi pada workshop tersebut. Dalam workshop, peserta telah mempelajari cara mencanting dan mengikuti proses pewarnaan dengan cermat hingga selesainya proses pembatikan.

Sebelumnya, pada 6 Juni 2022, KBRI juga telah menyelenggarakan workshop serupa di Philadelphia University dengan partisipasi dari mahasiswa dan para staf pengajar.**(arif/alam)