Duta Besar Kolombia Serahkan Letter of Credentials pada Presiden Iván Duque Márquez

383 dibaca

▪︎POSMONEWS.COM,-
Duta Besar RI untuk Republik Kolombia, Drs. Tatang Budie Utama Razak, M.BA. menyerahkan letter of credentials (surat kepercayaan) kepada Presiden Republik Kolombia, Iván Duque Márquez di istana kepresidenan Casa de Nariño Bogota D.C.

Penyerahan surat kepercayaan ini menandai dimulainya aktivitas penuh Duta Besar Tatang Budie Utama Razak sebagai Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Kolombia merangkap Antigua dan Barbuda, Federasi St. Kitts dan Nevis, dan Barbados.

Pada kesempatan tersebut, kepada Presiden Iván Duque Márquez, Duta Besar Tatang Budie Utama Razak menyampaikan salam hangat dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan rakyat Indonesia serta mendoakan kiranya Presiden Iván Duque berserta rakyat Kolombia diberikan kesehatan dan kesejahteraan. Disamping itu, Duta Besar Tatang Budie Utama Razak menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

Komitmen untuk melanjutkan dan memperkuat hubungan bilateral RI-Kolombia dengan bekerja semaksimal mungkin;
Menggarisbawahi posisi Kolombia sangat penting bagi Indonesia di kawasan Amerika Selatan sehingga Dubes RI akan terus memberikan yang terbaik selama bertugas dan berkomitmen untuk menggali potensi Indonesia-Kolombia khususnya di sektor ekonomi yang memberikan manfaat bagi kedua negara.

Kemajuan Indonesia di berbagai bidang yang dapat dikerjasamakan dengan Kolombia; dan
Mengharapkan dukungan langsung dari Presiden Iván Duque dalam mewujudkan kerja sama yang konkrit antara kedua negara.
Sebagai tanggapan, Presiden Iván Duque Márquez menyampaikan sambutan hangat atas penugasan Dubes RI untuk Republik Kolombia dan mengapresiasi upaya Dubes RI untuk meningkatkan hubungan bilateral dan kerja sama konkrit antara Indonesia dan Kolombia.

Duta Besar Tatang Budie Utama Razak merupakan diplomat karir yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Utama Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) periode 2018 – 2021 dan pernah menjabat sebaai Plt. Kepala BNP2TKI menggantikan Nusron Wahid periode September 2019 – April 2020, selanjutnya menjabat sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Kuwait (2014 – 2018).

Pria kelahiran Palembang, 7 April 1962 ini mengawali karirnya di Kementerian Luar Negeri pada tahun 1988 dan pernah menjalani penugasan antara lain di KBRI Paris (1992 – 1996), PTRI New York (1998 – 2003), sebagai Wakil Duta Besar pada KBRI Kuala Lumpur (2006 – 2010), dan Direktur Perlindungan WNI dan BHI (2010 – 2014).**(swa/alam)