Pemprov-Bhayangkari Gelar Canthing Jawi Wetan Go Global

168 dibaca

▪︎SURABAYA-POSMONEWS.COM,-
Dalam rangka melestarikan Batik Jawa Timur, Minggu (27/3) malam, Pemprov Jatim bekerjasama dengan Bhayangkari Daerah Jawa Timur, menggelar acara Canthing Jawi Wetan Go Global, di Tugu Pahlawan Surabaya.

Selain tujuan promosi, diharapkan dapat membantu percepatan pemulihan ekonomi Nasional pasca Pandemi Covid-19. Dengan mengkampanyekan gerakan nasional “Bangga Buatan Indonesia”, “Bangga Berwisata di Indonesia”, dan Program”Optimis Indonesia Bangkit 2022″.

Tidak hanya itu, acara juga dimaksudkan untuk turut melestarikan budaya dan kesenian khas Jawa Timur.

Puncak acara Canthing Jawi Wetan Go Global, menampilkan peragaan busana Batik Jawa Timur nan indah menawan oleh perancang Edward Hutabarat dan Denny Wirawan.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, acara sengaja dihelat di Tugu Pahlawan, dengan semangat heroisme dan optimisme Jatim Bangkit. Mengingat di seluruh dunia Tugu Pahlawan hanya di Surabaya.

“Nuansanya adalah menggali filosofi kebesaran Majapahit. Dengan kebesaran filosofi yang luar biasa, dari mulai Sumpah Palapa Mahapatih Gajah Mada Nusantara, bagaimana mewujudkan pulau-pulau menjadi satu kesatuan yang kemudian diikuti oleh naskah berikutnya Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Darma Mangrwa,” kata Khofifah. **(hayan chandra)