Seni Instalasi dari Pasuruan Ikut Ramaikan Pameran Lukisan PW Lesbumi Jatim

363 dibaca

▪︎SIDOARJO-POSMONEWS.COM,-
Sejumlah karya instalasi tiga dimensi dari pasangan suami istri seniman dari Pasuruan, Achmad Rosidi dan Afreza Weni, ikut meramaikan pameran lukisan yang digelar PW Lesbumi NU Jatim di Pendopo Kantor Dinas Olahrga, Pemuda dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo , tanggal 18-28 Maret 2022.

“Seni instalasinya, ada tengkorak, manusia yang berlepotan, ada drawingnya, gipsun, terus ada jendela di dalamnya ada foto yang mengandung sesuatu pesan,” Andiek Eko Sudarto, koordinator pameran lukisan dari panitia PW Lesbumi NU Jatim, Jumat (18/3) tadi pagi.

Sedikitnya 23 pelukis Jatim ikut meramaikan pameran lukisan yang digelar pertama sejak pandemi dua tahun lalu ini. “Ada 40-an karya lukis yang ikut dipamerkan,” tambahnya.

Pameran lukisan ini adalah satu rangkaian kegiatan dengan “Pasar Murah dan Festival Seni Santri 2022” yang digelar PW Lesbumi NU Jatim di tempat terpisah i di Alun-alun Sidoarjo tanggal yang sama yakni 18-28 Maret 2022.

Kegiatan dalam rangka Harlah ke-60 Lesbumi NU dan Harlah ke-99 NU.

Dari 40-an lukisan yang dipamerkan, berbeda aliran, mulai dari surealis, realis, abstrak dan kaligrafi.

Pameran yang mengambil tema “‘Merawat Jagad, Membangun Peradaban” ini diikuti para pelukis dari berbagai kota di Jatim yakni Pasuruan, Batu, Gresik, Lamongan, Surabaya dan Sidoarjo sendiri,” ujar pelukis yang tinggal di Barengkrajan, Krian Sidoarjo ini.

Para pelukis yang bakal memamerkan karyanya ini masing-masing Joko Pramono, Beni Dewo, Achmad Rosidi, Fathur Rojib, Maria Novita, Nabila Dewi, M Riyanto dan Novita Mardiana.

Selain itu juga Rajendra Dewi, Slamet Riyantono, Sugi Hartono, Sulthon Akbar, Wahyu Sigit Crueng, Woro Indah Lestari, Yoes Wibowo, Khusnul Bahri, Syamduro, Afresha Weni, Nasar Baitati dan Andiek Eko.**(dah)