Segera Dibuka, Keberangkatan Umrah dari Surabaya

1,175 dibaca

SURABAYA-POSMONEWS.COM,-
Keberangkatan jemaah umrah dari bandara internasional Juanda akan segera dibuka pada akhir Februari 2022. “Semoga bisa terlaksana pada Februari ini,” ujar Dr Nur Arifin, Dirbina Umrah Ditjen PHU Kemenag RI saat ditemui pada Selasa (15/2/2022) di Juanda Airport, Surabaya.

Menurut Nur Arifin, Kemenag telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, terutama Satgas Covid, Kementerian Perhubungan dan PT Angkasa Pura. “Kami terus berkoordinasi agar rencana umrah dari Surabaya bisa segera terrealiasasi,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, keberangkatan umrah yang telah dibuka secara resmi sejak 8 Januari 2022 adalah dengan memakai sistem OGP (One gate policy). Artinya, seluruh jemaah umrah harus berangkat dari Jakarta. Hal ini dilakukan oleh pemerintah untuk menjaga keakuratan data, terutama hasil PCR, agar mengembalikan kepercayaan Arab Saudi kepada Indonesia.

Nur Arifin mengatakan bahwa dibukanya keberangkatan umrah dari Surabaya ini sebagai wujud pemerintah mendengarkan keluhan dan aspirasi masyarakat.

“Kami menerima banyak keluhan dan permintaan dari berbagai pihak, termasuk dari FK Patuh (Forum Komunikasi Pengusaha Travel Umrah dan Haji) Jawa Timur agar umrah segera dibuka dari Juanda,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua FK Patuh Jawa Timur, H. Ahmad Bajuri, mengatakan bahwa pembukaan keberangkatan umrah dari Surabaya ini disambut gembira oleh masyarakat.

“Bukan hanya biaya yang bisa lebih efisien, tapi mengurangi dampak psikis bagi jemaah,” katanya.

Bajuri lalu menceritakan adanya jemaah yang stres dan sakit akibat menjalani karantina di Jakarta.

“Ada yang karena terpisah dengan keluarganya akibat salah satu keluarganya dinyatakan positif, ada juga yang keburu pulang untuk bertemu keluarga atau cepat bekerja,” ujar Bajuri didampingi H Mas Amirudin, pengurus FK Patuh.

Dengan dibukanya umrah lewat Juanda, kata Bajuri, jemaah merasa sudah berada di rumah sendiri.

“Begitu sampai di Surabaya, jemaah sudah merasa di kotanya sendiri karena bisa dijangkau dengan jalan darat,” ujar Bajuri yg juga Direktur PT Bakkah Travel Umrah Haji Surabaya.

Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jatim, Drs H Abd Haris Hasan MPdI dihubungi terpisah mengatakan bahwa dalam waktu dekat akan mengumpulkan beberapa pimpinan biro perjalanan umrah yang tergabung dalam asosiasi.

“Kami hanya melakukan persiapan-persiapan, karena regulasinya disiapkan dari pusat,” ujarnya.**(za/alams)