Pastikan Lamongan Kondusif, Pasukan Gabungan TNI-Polri Siap Amankan Nataru

201 dibaca

LAMONGAN-POSMONEWS.COM,-
Salah satu tradisi tahunan di bulan Desember yang dianggap sebagai moment penting adalah perayaan Hari Natal bagi umat Kristiani disusul menyambut datangnya Tahun Baru yang biasanya diwarnai dengan euforia, dan pesta warga.

Di situasi yang masih diliputi kewaspadaan karena pandemi covid-19 yang belum tuntas, sekaligus mengantisipasi terjadinya suatu tindak kriminal, aparat TNI-Polri di Kabupaten Lamongan di terjunkan langsung untuk meningkatkan status pengamanan perayaan natal dan tahun baru di Kabupaten Lamongan.

Khusus untuk perayaan Natal, di beberapa gereja pun, disisir oleh aparat gabungan TNI Polri dan pemkab Lamongan dibawah kendali AKBP Miko Indrayana dan Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf Meskipun situasinya sudah kondusif,
tapi kami tetap bersiaga 24 jam dengan di iringi patroli,” ujar kapolres dan Dandim 0812 Lamongan tadi malam saat pengecekan. Sabtu, (25/12/2021)

Selain pengamanan, pihaknya juga menginstruksikan personelnya untuk
mengimbau masyarakat agar tetap patuh dengan adanya protokol kesehatan.

Ia menilai, penerapan 3M wajib diberlakukan meski perayaan natal sudah
mulai berjalan di setiap Gereja.

“Kita mencegah timbulnya klaster baru Covid-19. Maka dari itu, kita imbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan,” masih kata Dandim.

Dari pantauan posmonews.com, kesiapan para petugas gabungan TNI-Polri di kota soto ini tampak dalam gelar apel gabungan dalam rangka gelar pasukan Operasi Lilin Semeru 2021 di Alun Alun Kabupaten Lamongan, Kamis (23/12/2021) yang juga melibatkan Forkompimda .

“Apel gelar pasukan ini dalam rangka pengamanan Natal 2021 dan tahun baru 2022,” kata Dandim 0812 Lamongan Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2021.

Lanjut Dandim, bahwa peran institusinya di Operasi Lilin telah siap untuk membantu dan mendukung kepolisian selama pengamanan Natal dan tahun baru serentak di seluruh Indonesia, yang melibatkan personil dari TNI dan satuan mitra Polri.

“Dari jumlah personil itu kita lakukan pengamanan, baik di Gereja dan malam Tahun Baru 2022,” kata Dandim

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Miko Indrayana selaku Kapolres Lamongan mengingatkan kepekaan pada jajaran anggota untuk waspada dan siaga dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2021 dan Tahun Baru 2022

“Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan boddy system,” ingatnya.

“Selain itu, imbauan pada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19, menghindari kerumunan,” pungkasnya.
**(DANAR SP)