Warga SMP PGRI 1 Buduran Teladani Rasulullah SAW

137 dibaca

SIDOARJO–POSMONEWS,-
Warga SMP PGRI 1 Buduran, Sidoarjo, yang muslim berkomitmen meneladani akhlak Rasulullah SAW. sebagai uswatun khasanah. Tekad ini diungkapkan pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1443 H di halaman sekolah, Selasa (19/10/2021).

Pagi itu, halaman SMP PGRI 1 Buduran yang biasanya lengang, tampak warga sekolah duduk bersama-sama beralas terpal dan tikar, berjajar rapi, berbusana muslim. Alunan shalawat pun dikumandangkan dengan penuh khidmat. Diiringi musik rebana oleh tangan-tangan trampil peserta didik grup samroh sekolah.

Didampingi oleh guru pembina eskstrakurikuler samroh, para guru PAI, BTQ, dan guru mengaji TPQ SMP PGRI 1 Buduran. Yang hadir pun terhanyut dalam kekhusukan. Menyatu, menyelami samudera shalawat yang dilafalkan hingga tembus batin di dalam hati sanubari.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. tersebut diikuti secara luring oleh warga SMP PGRI 1 Buduran. Di antaranya para guru dan tenaga kependidikan, serta peserta didik kelas VII. Adapun untuk peserta didik kelas VIII dan IX dilakukan secara daring melalui channel youtube.

Rangkaian kegiatan tersebut di antaranya: pembacaan ayat-ayat suci Alquran, pembacaan sholawat Nabi Muhamad SAW, sambutan, maudhatul khasanah, dan doa penutup.

Mewakili Kepala SMP PGRI 1 Buduran (Indrajayanti Ratnaningsih, S.Si, M.Pd), Wakil Kepala Sekolah, Dra. Hj. Eva Wahyuda, M.Pd mengawali sambutannya dengan bershalawat “Allahummad sholi ‘ala Muhammad”.

“Alhamdulillah kita masih mendapatkan hidayah, inayah, dan rahmat dari Allah SWT. Juga mendapatkan tuntunan dari Rasulullah Nabi Muhammad SAW,” katanya.

Menurutnya, moment peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah hari bersejarah bagi umat Islam sedunia. Untuk itu, supaya meningkatkan rasa syukur kepada Allah SAW. Terlebih Rasulullah SAW sudah memberikan bimbingan untuk menuju keselamatan.

“Rasa hormat kita, rasa cinta kita kepada Rasulullah SAW. Upaya kita mengikuti keteladanan Rasulullah SAW. Sebagai pribadi yang berkarakter akhlakul karimah. Insya Allah kita akan mendapat syafaatnya kelak,” ujarnya.

“Semoga peserta didik SMP PGRI 1 Buduran bisa cerdas akademis dan manfaat ilmunya, bisa sukses dunia – akhirat. Pendidikan yang diberikan oleh Bapak/Ibu Guru juga meneladani Rasulullah SAW. Dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini marilah kita semua meneladani akhlak mulia Rasulullah Nabi Muhammad SAW,” jelasnya.

Sementara itu, Ustad Sutomo, S.Pd yang memberikan maudhatul khasanah menyampaikan supaya para peserta didik yang muslim bisa mencontoh perilaku Rasulullah SAW. Dengan mengutip ayat Alquran Surat Al Kafirun.

“Namun demikian, kita tidak boleh menghardik. Namun supaya bisa bertoleransi. Dengan berkasih sayang kepada sesama. Dilengkapi dengan rukuk dan sujud untuk mencari ridho dari Allah SAW,” katanya.

Ketua Panitia, Ustad Abdul Basir, S.Ag mengatakan, dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. ini diharapkan para peserta didik pada khususnya dan warga sekolah pada umumnya, benar-benar bisa meneladani akhlak (tutur kata, sikap, dan perilaku) Rasulullah Nabi Muhammad SAW.

“Oleh karena itu, kali ini kami mengusung tema: Kita Tanamkan Akhlak Mulia sebagai Dasar Pendidikan Karakter,” tambahnya.

• (Koesmoko, Humas SMP PGRI 1 Buduran)