“Well of Hell” di Yaman, Gerbang Neraka Dihuni para Jin

183 dibaca

“Tim ilmuwan dari Oman nekat memasuki sumur neraka yang disebut Barhout di tengah gurun pasir di Yaman.”(Foto: Istimewa)

TIM ilmuwan goa dari Oman menjelajahi sumur neraka di Yaman yang diyakini masyarakat dihuni para jin. Kondisi di dalam sumur tersebut menyeramkan, selain mengeluarkan bau busuk juga ditemukan bangkai hewan.

Masyarakat Yamman yang tinggal tak jauh dari Sumur Neraka itu tak pernah ada yang berani mendekat. Mereka meyakini, sumur itu merupakan gerbang neraka yang dihuni para jin.

Jangankan mendekat atau masuk ke dalam, masyarakat sekitar pun tidak berani menyebutkan nama sumur tersebut. Mereka khawatir bakal bernasib buruk.

Namun untuk membuktikan mitos itu benar atau tidak, ilmuwan goa asal Oman nekat menelusuri Sumur Neraka berada di tengah gurun pasir tersebut. Sumur memiliki lebar sekitar 30 meter dengan kedalaman lebih dari 65 meter. Usia sumur itu diperkirakan jutaan tahun.

Disebut sebagai ‘Well of Hell’, adalah sebuah lubang yang sangat besar di bawah kawasan gurun yang tandus di Yaman.

Well of Hell atau Sumur Neraka di Yaman ini adalah sebuah keajaiban alam yang telah lama dijauhi oleh masyarakat setempat.
Tempat ini dianggap mengerikan bagi masyarakat lokal di wilayah tersebut. Kengerian yang menyelimuti lubang besar ini bukan tanpa alasan.

Sebab, Sumur Neraka memiliki lubang yang sangat besar dengan lebar sekitar 30 meter dan kedalaman hingga 112 meter.

Selama berabad-abad, Sumur Neraka ini telah menjadi misteri bagi masyarakat Yaman, terutama mereka yang tinggal tak jauh dari lokasi lubang ini.

Seperti dilansir South China Morning Post (SCMP), misteri Sumur Neraka Yaman ini memunculkan cerita rakyat yang menyebut bahwa lubang raksasa di gurun Al-Mahra ini adalah tempat tinggal setan.

Sekelompok tim penjelajah goa memutuskan untuk melakukan ekspedisi mencapai dasar sumur misterius tersebut.

Penjelajahan atau ekspedisi menuju lubang yang dikenal sebagai Well of Barhout ini pun dilakukan untuk menguak misteri di dalam lubang raksasa di bawah kawasan gurun yang tandus ini.
Sumur Neraka ini juga dijuluki sebagai penjara bagi para setan atau jin.

Untuk mencapai dasar Sumur Neraka yang misterius ini, para penjelajah goa dalam ekspedisi mereka ini pun harus menuruninya dengan tali hingga ke bawah lubang.

Selama berabad-abad, lubang raksasa ini telah menciptakan kengerian dan cerita misteri yang kelam di antara masyarakat setempat.

Bukan setan, seperti yang diyakini penduduk lokal selama ini, tim ekspedisi ini menemukan ular, hewan mati, stalagmit, dan mutiara goa yang terbentuk dari tetesan-tetesan air di dalam goa.

“Ada ular, tetapi mereka tidak akan mengganggu Anda kecuali Anda mengganggu mereka,” ujar Mohammed al-Kindi, seorang profesor geologi di German University of Technology di Oman, kepada AFP, seperti dilansir France24.

Sumur Neraka Penjara para Jin

Lubang raksasa yang konon diyakini sebagai penjara para jin, keberadaannya telah ada sejak berabad-abad lalu.

“Gairah mendorong kami untuk melakukan ini, dan kami merasa bahwa ini adalah sesuatu yang akan mengungkapkan keajaiban baru dan bagian dari sejarah Yaman,” kata Kindi kepada AFP.

Pejabat Yaman mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui apa yang ada di dalam lubang tersebut.

Mereka memperkirakan bahwa usia Sumur Neraka di Yaman ini mungkin mencapai jutaan tahun.
Bahkan, hingga akhirnya tim penjelajah Oman melakukan ekspedisi ke lubang tersebut, sebelumnya tidak pernah ada yang mencapai dasar Sumur Neraka ini.

Banyak masyarakat setempat yang merasa tidak nyaman saat mengunjungi tempat itu. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang takut membicarakan Sumur Neraka ini karena tak ingin ditimpa kemalangan atau kesialan.

Dalam ekspedisi Sumur Neraka di Yaman ini, para penjelajah goa yang merupakan para peneliti ini mengumpulkan sejumlah sampel dari dalam lubang raksasa tersebut untuk dipelajari.
**(zi/kmp)