DPR RI Kunjungi Desa Wisata di Malang

211 dibaca

MALANG-POSMONEWS,-
Anggota Komisi V DPR RI, Sumail Abdullah, berharap kunjungan kerja spesifik Komisi V DPR RI ke Desa Wisata Sanankerto, Kabupaten Malang, kali ini dapat memastikan pemfasilitasian ketetapan lahan desa tersebut. Sebelumnya pihak desa wisata mengeluhkan adanya wilayah lahan yang masih diklaim Perum Perhutani.

Sumail tak menampik bahwa di beberapa wilayah klaim semacam itu masih terjadi. “Lewat kunjungan kami kali ini ingin memastikan dan sekaligus konsolidasi stakeholder terkait yakni Kemendesa agar memfasilitasi dari sisi ketetapan lahan mulai diserahkan ke Desa Sanankerto,” ujarnya di sela-sela kunjungan ke Desa Wisata Sanankerto, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (22/9/21).

Kunjungan kerja spesifik Komisi V DPR RI kali ini dalam rangka meninjau Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Desa Wisata Sanankerto Kabupaten Malang. Dalam kunjungan ini turut hadir pula jajaran pejabat Direktorat Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

BUMDes Desa Wisata Sanankerto tergolong sukses dan mandiri, dimana kata Sumail dengan modal sekitar Rp 170 juta mampu menyumbang bagi Pendapatan Asli Desa hingga Rp 400 juta dan lebih setiap tahunnya.

“Harapannya BUMDes ini perlu dicontoh oleh BUMDes-BUMDes lain di seluruh Indonesia,” sebut legislator dapil Jawa Timur III itu.

Namun di samping prestasi yang dicapai, Sumail mencermati masih ada persoalan yang menjadi perhatian terkait pengelolaan wisata, salah satunya yaitu permasalahan sampah, dimana setiap hari sampah organik dan anorganik menumpuk. “Tentu perlu difasilitasi Tempat Pembuangan Sampah Akhir,” pungkasnya.
**(ade/jono)