Apa Badai Sitokin yang Serang Deddy Corbuzier?

143 dibaca

“Pernyataan Deddy Corbuzier di Podcast terakhir.”
(YouTube/Deddy Corbuzier)

Apa itu Badai Sitokin yang serang Deddy Corbuzier?Mengapa hal tersebut bisa terjadi. Berikut pengertian Badai Sitokin lengkap dengan gejala dan penanganannya.

Pertama arti Badai Sitokin. Badai Sitokin adalah satu satu komplikasi yang bisa saja muncul pada penderita COVI-19, akibat respons tubuh yang ‘tidak terkontrol’.

Hal ini terjadi ketika tubuh melepaskan terlalu banyak protein Sitokin ke dalam darah, sehingga membuat organ tubuh terganggu fungsinya.

Sebenarnya, protein Sitokin sendiri memiliki fungsi yang baik, yakni menjaga sistem kekebalan tubuh agar dapat bekerja sempurna.

Namun ketika jumlahnya terlalu banyak, justru bisa membuat tubuh terganggu kinerjanya, bahkan berakibat fatal.

Gejala Badai Sitokin

Ada beberapa gejala yang bisa dilihat ketika seorang penderita COVID-19 mengalami kondisi ini. Antara lain:

– Kedinginan atau menggigil

– Kelelahan tanpa sebab

– Pembengkakan di tungkai

– Merasa mual dan muntah

– Nyeri persendian

– Sakit kepala

– Munculnya ruam kulit

– Batuk dan nafas yang cepat akibat gangguan di paru-paru.

Kejang

Dan beberapa gejala lain yang lebih parah. Karena bisa berakibat fatal bagi penderitanya, maka harus diatasi dan ditangani dengan cepat agar resikonya dapat ditekan.

Penanganan Pasien Badai Sitokin

Ketika seorang terdeteksi menderita badai Sitokin ini, segera bawa orang tersebut ke Unit Perawatan Intensif di rumah sakit. Penanganan profesional diperlukan sesegera mungkin. Nantinya, akan dilakukan sederet prosedur untuk mengatasi gejala yang muncul.

– Pemantauan tanda vital

– Pemasangan ventilator

– Pemberian cairan lewat infus

– Pemantauan kadar elektrolit

– Prosedur cuci darah

– Pemberian obat untuk menghambat aktivitas protein Sitokin

Kondisi ini sebenarnya merupakan respons dari tubuh, ketika protein Sitokin diproduksi terlalu banyak untuk melawan virus atau penyakit yang masuk. Namun karena tidak terkontrol, jumlah protein ini menjadi terlalu banyak dan justru mengganggu fungsi tubuh.

Ketika badai Sitokin terjadi, sangat dianjurkan untuk segera menemui dokter profesional dan memberikan perawatan yang tepat. Resikonya sangat besar, bahkan hingga berujung kematian.
**(SB)