Video Petugas Pasar Serukan Prokes “Makhluk Gaib”

140 dibaca

Aksi yang dinilai absurd dilakukan petugas pasar di Kota Pasuruan. Petugas melakukan sosialisasi prokes pada malam hari saat pasar sangat sepi.
Sosialisasi pada ‘makhluk gaib’ itu direkam dan videonya tersebar.

Dua video yang beredar masing-masing berdurasi 28 dan 29 detik. Pada video pertama tampak 4 petugas memasuki blok kios pedagang. Salah satu petugas membawa pengeras suara.

“Monggo didamel maskere, bapak ibu. Maskere dipakai. Ayo kita sama-sama cegah penularan COVID-19, agar aktivitas perbakulan (perdagangan) kita kembali lancar. Monggo, bapak-ibu, maskernya dipakai,” seru petugas.

Namun anehnya, kondisi pasar saat itu sepi. Tak ada satupun pedagang yang ada di blok. Kios-kios pedagang sudah tutup, lapak-lapak sudah bersih.

Meski demikian, petugas tetap menyerukan disiplin prokes. Pada video kedua, petugas yang membawa pengeras suara bahkan mengambil posisi sempurna. Seperti tengah menghadapi puluhan pedagang, ia terus menyerukan disiplin prokes.

“Semua pedagang dan pengunjung harus taat protokol kesehatan,” serunya.

Sosialisasi prokes pada “makhluk gaib” itu dilakukan petugas Pasar Kebonagung. Ilham, petugas penarikan retribusi yang melakukan aksi itu.

“Itu Jumat (25/6) malam kemarin, usai melakukan penyekatan pasar dan pengetatan prokes,” kata Ilham.

Video itu selain tersebar di grup WhatsApp juga beredar di Instagram dan Facebook.
Prokes di seluruh pasar tradisional di Kota Pasuruan kembali diperketat sejak Jumat (25/6). Langkah itu diambil setelah terjadi lonjakan kasus.**(dtk/luky)