Tempat Wisata Menakjubkan di Banyuwangi

244 dibaca

Banyuwangi sedang naik daun dalam beberapa tahun terakhir. Daerah di ujung timur Pulau Jawa ini sebelumnya dikenal karena Pelabuhan Ketapang-nya yang merupakan titik penyeberangan dari Pulau Jawa ke Pulau Bali, destinasi wisata terpopuler di Indonesia.

Belakangan, keindahan alam tempat-tempat wisata di Banyuwangi pun terangkat juga, membuat daerah ini mulai dilirik sebagai salah satu destinasi wisata ideal untuk liburan.

Ada apa aja di Banyuwangi? Kalau Anda penasaran juga dengan Kabupaten paling timur di Pulau Jawa ini, pilihan tempat wisata di Banyuwangi yang populer banget dan bakal bikin Anda ingin traveling ke sana.

1. Kawah Ijen

Kawah Ijen bisa dibilang merupakan tempat wisata terpopuler di Banyuwangi bagi wisatawan Indonesia. Terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Kawah Ijen terkenal bukan saja karena kawah hijaunya yang menawarkan panorama indah, tapi juga pertambangan belerangnya yang ikonik.

Kawah Ijen juga memiliki fenomena unik Blue Fire atau api biru. Api biru ini adalah hasil dari terbakarnya gas sulfur yang muncul dari retakan Gunung Api Ijen yang memiliki temperatur hingga 600 derajat celcius. Api biru di Ijen ini adalah yang terbesar di dunia, dan satu lokasi lainnya di dunia yang memiliki fenomena ini hanyalah di Gunung Dallol di Ethiopia.

Peringatan:
Mengingat harus hiking dan bau belerang yang kuat di sekitar kawah, aktivitas ini tidak disarankan ya untuk lansia, wanita hamil, penyandang disabilitas, pengidap gangguan fungsi tulang belakang, gangguan fungsi hati, memiliki mata sensitif, gangguan fungsi pernapasan, dan memiliki kondisi medis serius lainnya.

Cara Menuju Kawah Ijen

Mengingat lokasinya di perbatasan Kabupaten, Kawah Ijen cukup jauh dari pusat kota Banyuwangi, yaitu sekitar 1 jam dengan mobil. Dari pusat kota Banyuwangi, arahkan kendaraan ke Kecamatan Licin, lalu ke Paltuding yang merupakan pos pertama pendakian ke Kawah Ijen. [Google Maps]

2. Taman Nasional Baluran

Tempat wisata di Banyuwangi lainnya yang tak kalah populer adalah Taman Nasional Baluran. Terlebih lagi, setelah video klip Raisa yang berjudul “Jatuh Hati” juga syuting di Taman Nasional Baluran. Pemandangan ala savana Afrika yang ternyata ada di Jawa Timur ini menjadi daya tarik utama Taman Nasional Baluran.

Meski secara teknis Taman Nasional Baluran masuk dalam daerah Kabupaten Situbondo, namun Baluran terkenal sebagai salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi kalau liburan ke Banyuwangi karena memang tidak terlalu jauh dari pusat kota Banyuwangi. Dengan mobil, Taman Nasional Baluran bisa dicapai sekitar 1,5 jam dari Banyuwangi.

Selain menikmati savana ala Afrika di Baluran, kamu juga bisa bertemu dengan satwa liar termasuk rusa-rusa yang lucu, dan berfoto dengan lanskap yang magis di di Savana Bekol, hingga mampir ke Pantai Bama yang tak jauh dari sana.

Menuju ke Taman Nasional Baluran

Alamat:
Gerbang Masuk Taman Nasional Baluran, Randu Agung, Wonorejo, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68374 [Google Maps]

Taman Nasional Baluran dapat dicapai dengan mobil pribadi dari Banyuwangi melewati Jalan Raya Pantura. Jika enggan menyewa mobil di Banyuwangi, kamu bisa mengikuti paket tour ke Taman Nasional Baluran, baik private tour maupun open trip.

3. Dialoog Banyuwangi

Dialoog Banyuwangi sejatinya bukan tempat wisata, melainkan sebuah hotel di pinggir pantai. Namun berkat keindahannya yang mengingatkan kita pada resort-resort pinggir pantai di Bali, Dialoog menjadi begitu populer dan menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi mereka yang ingin liburan ke Banyuwangi.

Dialoog memberikan alasan kenapa Banyuwangi layak banget untuk jadi lokasi liburan selanjutnya – selain tempat-tempat wisata alam yang luar biasa, Kabupaten di ujung timur Jawa ini juga punya hotel dengan gaya minimalis modern berkelas internasional. Ia menjadi standar tersendiri bagi hotel-hotel lainnya di Banyuwangi, yang tentunya juga akan meningkatkan diri seiring semakin tingginya minat wisatawan lokal maupun internasional untuk traveling ke Banyuwangi.

Anda enggak akan disalahkan jika malas bepergian kalau menginap di Dialoog Banyuwangi, karena hotelnya memang se-cozy itu. Ada kolam renang yang menghadap pantai dan lautan, dan restoran Casabanyu yang menawarkan panorama lau yang indah di sebelahnya.

Tertarik menginap di Dialoog Banyuwangi? Kamu bisa mendapatkan harga spesial untuk paket menginap 2 malam di Dialoog Banyuwangi + sarapan, 3 course lunch, 4 course dinner, dan spa di Klook! Vouchernya berlaku hingga 30 Juni 2021.

Menuju ke Dialoog Banyuwangi

Alamat: Jl. Yos Sudarso, Kaliklatak, Klatak, Kec. Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68421 [Google Maps]

4. Taman Blambangan

Taman Blambangan juga bukan sebenar-benarnya tempat wisata – taman ini adalah alun-alun di kota Banyuwangi. Enggak heran Taman Blambangan sering jadi tempat diadakannya acara besar, sampai digelarnya pusat kuliner Banyuwangi yang dinamai Kuliner Pintar.

Meski selama pandemi Covid-19 tidak ada acara yang digelar di Taman Blambangan, dan Kuliner Pintar pun ditutup, namun bisa dipastikan kalau taman ini akan kembali ramai dan jadi pusat kegiatan masyarakat Banyuwangi setelah pandemi usai nanti.

Sementara Taman Sritanjung adalah taman lainnya di pusat kota Banyuwangi yang letaknya tak jauh dari Taman Blambangan. Bedanya, jika Taman Blambangan lebih sering menjadi tempat event, Taman Sritanjung adalah lokasi terbaik untuk bersantai di Banyuwangi karena taman ini punya trek untuk berjalan kaki hingga air mancur yang indah.

Jadi jika kamu akan berkunjung ke Banyuwangi setelah pandemi virus corona usai, jangan lupa untuk mampir ke Taman Sritanjung dan Taman Blambangan untuk sekadar bersantai atau mencicipi makanan khas Banyuwangi seperti rujak soto, sego tempong, atau sego cawuk.

Taman Blambangan

Alamat: Jl. Diponegoro No.2, Kepatihan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68411 [Google Maps]

Taman Sritanjung

Alamat: Jl. Sritanjung, Temenggungan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68411 [Google Maps]

5. Pantai Pulau Merah

Enggak mungkin membicarakan tempat wisata di Banyuwangi tanpa menyebut pantai-pantainya, jadi mari kita mulai dengan Pantai Pulau Merah! Pantai ini mengambil nama dari hal yang membuatnya unik: tak jauh dari pantai, terdapat “pulau” kecil dengan bukit yang tinggi, dan pulau ini memiliki tanah berwarna merah.

Pulau Merah bahkan bisa dicapai dengan berjalan kaki ketika laut sedang surut, sehingga wisatawan bisa mengeksplornya. Tapi selain Pulau Merah yang unik ini, Pantai Pulau Merah juga terkenal dengan pasirnya yang halus, membuatnya ideal untuk bermain. Pantai ini juga terkenal bagi para penggemar selancar atau surfing, karena ombak di sini yang bergulung-gulung indah membuatnya ideal untuk berselancar!

Berbeda dengan Pantai Plengkung yang terkenal sebagai spot surfing untuk para profesional, ombak di Pantai Pulau Merah relatif aman untuk peselancar pemula. Di sini bahkan ada persewaan papan surfing juga.

Menuju ke Pantai Pulau Merah

Alamat: Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi Regency, East Java 68488 [Google Maps]

Pantai Pulau Merah terletak sekitar 60 km dari pusat kota Banyuwangi, dengan jarak tempuh sekitar 2 jam menggunakan mobil melalui Jl. Nasional III. Kamu juga bisa mengunjungi Pantai Pulau Merah dengan open trip 2 hari 1 malam ini, yang juga akan mengunjungi Pantai Sukamade dan Teluk Hijau.

6. Teluk Hijau

Terletak di dalam area Taman Nasional Meru Betiri, seperti namanya, Teluk Hijau atau Green Bay adalah sebuah teluk yang memiliki air berwarna hijau turquoise yang indah, dengan pasir putih yang lembut. Teluk ini diapit oleh area hijau yang menambah keindahan panorama di sini, membuatnya benar-benar mengagumkan!

Karena letaknya di dalam taman nasional, kamu bisa saja bertemu dengan monyet-monyet di sekitar pantai, jadi pastikan semua barang bawaanmu aman dan jangan beri mereka makan.

Menuju ke Teluk Hijau

Alamat: Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi Regency, East Java 68488 [Google Maps]

Lokasinya cukup jauh dari Banyuwangi (sekitar 86 km atau 2,5 jam perjalanan) dan jalanan menuju teluk ini juga masih cukup buruk. Klook sangat menyarankan kamu untuk mengikuti paket tour 2 hari 1 malam dari Banyuwangi, yang akan membawa kamu ke Teluk Hijau, Pantai Sukamade, dan Pantai Pulau Merah.**(sam)