Babinsa Turi Bersihkan Pohon Tumbang di Makam Mbah Alun

129 dibaca

LAMONGAN-POSMONEES.COM: Cuaca ektrem yang mengakibatkan hujan deras disertai angin kencang terjadi di Kabupaten Lamongan hari Sabtu (06/3/2021) lalu mengakibatkan banyak pepohonan yang roboh.

Salah satunya adalah tumbangnya salah satu pohon yang cukup besar di area wisata ziarah Mbah Alun di “Desa Pancasila” Desa Balun, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan.

Dari pantauan posmonews.com, pohon besar yang tumbang ini akhirnya menimpa Pendopo Makam Mbah Alun, yang mana pendopo tersebut sebagai tempat ziarah warga dan pendatang dari berbagai daerah, terutama pada hari dan pasaran tertentu.

Makam Mbah Alun di Desa Balun ini menjadi bagian destinasi wisata religi, selain Desa Pancasila karena keunikannya. Desa ini ibarat Bali Kecil di Kabupaten Lamongan, karena masyarakatnya terdiri dari berbagai agama yakni Islam, Kristen, dan Hindu. Mereka hidup damai dan penuh toleransi.

Menyoal robohnya pohon di area pesarean membuat pendopo Mbah Alun dan pagar makam Mbah Alun rusak. Hal ini membuat Babinsa Koramil 0812/03 Turi tergerak untuk turun tangan, bersama warga bergotong royong membersihkan area pendopo Mbah Alun.

” Kami mendapat laporan dari warga sehingga jajaran Koramil 0812/03 Turi bersama masyarakat Balun bergotong royong melakukan evakuasi pohon tumbang tersebut dan membersihkan puing pagar pendopo yang rusak. Hal ini sudah menjadi kewajiban kami sebagai anggota TNI untuk selalu membantu warga masyarakat yang sedang mengalami musibah, ini sudah menjadi tanggung jawab kami dengan harapan hubungan TNI dan rakyat semakin kuat dan menjadi kokoh,” kata Serma Supeno.

Selanjutnya Babinsa 03 Turi ini juga mengingatkan agar warga berhati-hati karena cuaca ektrem, yang nengakibatkan hujan disertai angin itu membawa dampak rusaknya insfrastruktur, bangunan, rumah, pepohonan, tanaman, dll.

“Kami juga menghimbau kepada warga untuk tetap waspada dengan kondisi cuaca saat ini, karna curah hujan akhir akhir ini sangant tinggi dan disertai angin kencang. Bila ada pohon besar di dekat rumah kami anjurkan untuk menebangnya,” tukas Serma Supeno.
**DANAR SP**