Perjalanan Karier Irjen Pol Firman Santyabudi

843 dibaca

• Putra Mantan Panglima ABRI Jenderal TNI Try Sutrisno

Masih banyak yang tidak nengetahui kalau Perwira Tinggi di Kepolisian ini adalah putra Jenderal TNI Try Sutrisno. Berikut profil dan perjalanan karier Irjen Pol, Drs. Firman Santyabudi, M.Si.

Seperti diketahui, Try Sutrisno merupakan mantan Wakil Presiden RI ke-6 periode 1993-1998.
Namanya juga melekat kuat di kalangan militer karena pernah menjabat sebagai Panglima ABRI.

Try Sutrisno memiliki putra yang kini telah menjadi jenderal bintang dua di Polri. Dia adalah Irjen Pol Firman Santyabudi. Melansir dari Wikipedia, Irjen Firman Santyabudi lahir dari pasangan Try Sutrisno dan Tuti Sutiawati pada 17 November 1965.

Firman adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 16 November 2020 mengemban amanah sebagai Asisten Logistik Kapolri. Firman, lulusan Akpol 1988 ini berpengalaman dalam bidang lantas.

Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Kepala Kepolisian Daerah Jambi. Lulusan Akpol 1988 ini juga pernah menjabat sebagai Wadirlantas Polda Metro Jaya, Kasbudit Jianmas Ditlantas Babinkam Polri, serta Dirlantas Polda Sumsel.

Berikut RiwayatJjabatannya:

– Wadirlantas Polda Metro Jaya

– Kepala SPN Lido, Polda Metro Jaya (2008)

– Kapolres Metro Jaksel (2009)

– Kasubdit Jianmas Ditlantas Babinkam Polri (2009)

– Dirlantas Polda Sumsel (2011)

– Analis Kebijakan Madya Bidang Korlantas Polri (2012)

– Kabagrenops Robinops Sops Polri (2013)

– Karodalaops Sops Polri (2013)

– Direktur Kerjasama dan Humas PPATK (2014)

– Deputi Bidang Pemberantasan PPATK (2017)

– Kapolda Jambi (2020)

– Asisten Logistik Kapolri (2020)

Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 2020, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis melakukan mutasi terhadap sejumlah pejabat di lingkungan Mabes Polri. Di antaranya Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda). Salah satunya adalah Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi.

Berdasarkan Surat Telegram nomor ST/3222/XI/KEP/2020 tertanggal 16 November 2020, Irjen Pol Drs. Firman Shantyabudi, M.Si. diangkat dan mendapat jabatan baru sebagai Asisten Logistik (Aslog) Kapolri.

Sebagai penggantinya adalah Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, yang saat ini menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama.

Selain Kapolda Jambi, Kapolda Bali Irjen Pol Petrus L Golose juga diganti. Irjen Petrus yang dimutasi sebagai Pati Bareskrim Polri digantikan oleh Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra.

Kemudian Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar digantikan oleh Irjen Pol Refdi Andri, yang sebelumnya menjabat Koorsahli Kapolri.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sujana digantikan oleh Irjen Pol Mohammad Fadil Imran yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur (Jatim). Adapun jabatan Kapolda Jatim ditempati oleh Irjen Pol Nico Afinta yang sebelumnya menjabat Kapolda Kalimantan Selatan.

Sementara itu Irjen Pol Rikwanto yang sebelumnya menjabat Kapolda Maluku Utara, akan mengisi jabatan Kapolda Kalimantan Selatan. Jabatan yang ditinggalkan Rikwanto akan ditempati oleh Irjen Pol Risyapudin Nursin, yang saat ini menjabat Kakorbinmas Baharkam Polri.

Adapun Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi akan digantikan oleh Irjen Pol Ahmad Dofiri, yang sebelumnya menjabat sebagai Aslog Kapolri.

Sementara itu, Brigjen Pol Ferdy Sambo yang saat ini menjabat sebagai Dirtipidum Bareskrim Polri, diangkat sebagai Kadiv Propam Polri.(ist)