Irjen Pol Firman Santyabudi, Putera Jenderal TNI Try Sutrisno

138 dibaca

Jenderal TNI Try Sutrisno merupakan mantan Wakil Presiden RI ke-6 periode 1993-1998. Nama Try sapaan akrab Try Sutrisno juga melekat kuat di dunia militer Tanah Air.

Beliau dikenal memiliki putra seorang perwira tinggi di tubuh militer Angkatan Darat (TNI AD) Brigadir Jenderal TNI, Kunto Arief Wibowo. Sang putra tercinta kini telah menjadi jenderal bintang satu di TNI.

Selama ini banyak orang yang tidak tahu kalau Try Sutrisno memiliki putra yang kini mengab di Kepolisian. Sosoknya pun tak kalah inspiratif. Siapakah putra Try yang mengabdi di Korps Baju Cokelat itu? Berikut Ulasannya.

Bertugas di Polri

Dialah Irjen Pol Firman Santyabudi merupakan putra dari pasangan Try Sutrisno dan Tuti Sutiawati. Perwira tinggi Polri kelahiran Jakarta ini kini tengah mengemban tugas sebagai Asisten Logistik Kapolri.

Sebelum menduduki jabatan strategisnya saat ini, Irjen Pol Firman diketahui pernah menjabat sebagai Kapolda Jambi pada tahun 2020 silam. Lulusan Akpol 1988 ini memiliki pengalaman di bidang lantas hingga pernah menjabat sebagai Wadirlantas Polda Metro Jaya, Kasbudit Jianmas Ditlantas Babinkam Polri, serta Dirlantas Polda Sumsel.

Langsung Pimpin Apel

Awal menjabat sebagai Kapolda Jambi pada 2020 lalu, ada cerita unik dari Irjen Pol Firman. Jabatan barunya langsung mendapatkan atensi dan apresiasi dari para bawahan.

Dikutip dari Merdeka.com bahwa Perwira Tinggi Bintang Dua ini
bercerita, dia langsung didapuk untuk memimpin apel pagi di Korem 042 Garuda Putih, pada Senin (17/2/20), meski baru lima hari menjabat Kapolda Jambi.

Blusukan, Pantau Masyarakat

Sosok Irjen Pol Firman juga perhatian kepada masyarakat. Tak melulu bertugas dari bali meja, ia juga berinteraksi langsung di lapangan.

Saat memasuki tanggap Covid-19, lanjut Firman, pihaknya terus memantau masyarakat agar keamanannya terjamin. Termasuk blusukan ke Pasar Angso Duo, Kamis (2/4/20).

“Saya cek harga pasar, ada kenaikan signifikan atau tidak. Tapi malah ada yang minta foto, saya bilang, saya kan pake masker sebagai protokol Covid-19. Eh mereka bilang tak apa-apa, yasudah foto lah. Saya bilang, kalau kalian melihat mata saya saat difoto sipit, berarti saat itu saya tersenyum,” candanya.

Putra Try Sutrisno di TNI

Jenderal TNI Try Sutrisno diketahui mewariskan karier militer ke salah satu putra lainnya. Adalah Brigadir Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo.

Setelah lulus dari pendidikan Akademi Militer pada tahun 1992, Jenderal Kunto pun memulai karir di dunia militer. Pada 9 April 2020 lalu, Kunto resmi memegang jabatan sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer III/Siliwangi.

Hal tersebut, seperti yang diketahui dari unggahan di Instagram resmi @kodamsiliwangi. Dalam video yang dibagikan, nampak Kunto hadir dalam sebuah acara penutupan kegiatan TNI di desa Indramayu sebagai Kasdam III/Siliwangi.(mdk/zi)