Cegah Batu Ginjal, Konsumsi Pisang Ambon

16 views

SIAPA yang tidak suka pisang? Buah berbentuk lonjong dengan kulit berwarna kuning ini menjadi salah satu buah kesukaan banyak orang di dunia, termasuk di Indonesia.

Pisang ambon merupakan jenis varietas pisang yang ada di Indonesia. Berikut ini beberapa manfaat pisang ambon untuk kesehatan, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Penderita Maag:

Manfaat pisang ambon berikut ini menjadi kabar yang menggembirakan bagi para penderita maag. Menurut suatu penelitian, pisang termasuk pisang ambon diketahui bisa menjadi obat alami yang efektif untuk mengatasi penyakit maag.

Pisang mengandung senyawa kimia yang disebut dengan sitoindosides. Senyawa ini mempromosikan sekresi lendir di saluran pencernaan yang bertindak sebagai lapisan pelindung guna mencegah asam untuk merusak lapisan mukosa lambung.

Selain itu, pisang juga menjadi salah satu bahan makanan sumber prebiotik yang mendorong pertumbuhan mikroorganisme baik dalam sistem pencernaan.

2. Penderita Hipertensi:

Bagi yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, tak ada salahnya untuk mencoba rutin mengonsumsi pisang ambon setiap hari.

Rutin mengonsumsi pisang ambon setiap hari menjadi salah satu terapi alami dalam mengatasi tekanan darah tinggi.

3. Menjaga Kesehatan:

Kulit Pisang ambon memiliki kandungan air yang tinggi, hampir 75 persen kandungan didalamnya terdiri atas air. Kandungan air yang tinggi ini mampu menghidrasi dan meremajakan kulit serta melindungi kulit dari kekeringan.

Selain dinikmati langsung, pisang ambon juga sangat cocok dijadikan masker wajah. Menjadikan wajah terlihat lebih sehat dan muda berkat kandungan vitamin A nya yang membantu menjaga kelembaban kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati.

4. Mencegah Batu Ginjal:

Batu ginjal merupakan endapan batu di dalam ginjal yang umumnya terjadi akibat tingginya kadar kalsium di dalam urine.

Kurangnya kadar potasium dalam tubuh diketahui berimbas langsung pada meningkatnya kadar kalsium dalam urine.

Melihat fakta tersebut, tentunya pisang ambon yang kaya akan potasium ini sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya batu ginjal. Para ahli pun berpendapat, dengan mengonsumsi pisang empat sampai enam kali seminggu bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya penyakit batu ginjal.

5. Sumber Energi:

Berlimpahnya vitamin dan mineral pada pisang ambon menjadikannya sumber energi yang hebat dan bisa diandalkan. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu memulihkan energi yang terkuras selepas berolahraga dan melindungi tubuh dari kram otot.

Pisang ambon sangat cocok dijadikan makanan ringan selepas berolahraga atau setelah berpergian jauh.

Kombinasi gula sederhana dan pati resisten dalam pisang ambon juga cepat diserap tubuh sehingga mampu menghasilkan energi instan.

6. Baik untuk Pencernaan:

Manfaat pisang ambon ini ditenggarai berkat pati tahan cerna (resistant starch) yang terkandung didalamnya. Pati tahan cerna merupakan bagian dari pati yang resisten terhadap hidrolisis enzim pencernaan amilase yang membuatnya sulit dicerna di dalam usus halus.

Di dalam kolon, fraksi pati ini kemudian akan di fermentasi oleh bakteri usus yang menghasilkan pembentukan asam lemak rantai pendek yang disebut dengan butirat atau butanoat.

Butirat ini berperan penting untuk menjaga kesehatan usus. Bersama dengan serat lain seperti pektin, kombinasi keduanya mampu memoderasi kenaikan gula darah setelah makan. Oleh sebab itu, pisang ambon acap kali di manfaatkan sebagai makanan pencuci mulut.

7. Melindungi Tubuh dari Racun:

Selain teh, ternyata pisang ambon juga mengandung katekin, suatu senyawa yang memiliki aktivitas antioksidan.

Kehadiran katekin dalam tubuh erat kaitannya dengan berbagai manfaat kesehatan, terutama penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

Aktivitas antioksidan pada katekin dalam pisang ambon juga mampu menggelontorkan zat-zat beracun beserta logam berbahaya dari dalam tubuh seperti kadmium, krom, dan merkuri.

8. Kesehatan Jantung:

Menurut National Academy of Sciences, diet rendah natrium dan kaya potasium dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke yang telah lama menjadi pembunuh nomor wahid di dunia.

Pisang termasuk pisang ambon, dilimpahkan dengan berbagai mineral yang berkontribusi terhadap kesehatan jantung. Ditambah dengan kandungan omega 3, fitosterol, dan lutein yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh makin menjadikan pisang ambon primadona untuk menjaga kesehatan jantung.
(jpnn/zi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here