Baksos Peduli Banjir Ikasmasa

216 dibaca

• Dukungan Bupati Lamongan Terpilih Dr. Yuhrohnur Efendi, MBA.

LAMONGAN-POSMONEWS.COM
Kepeduliaan dan kecintaan Ikataan Alumni SMA Negeri 1 Lamongan (Ikasmasa/Relawan Yes Bro) pada warga Lamongan yang dirundung bencana alam untuk kesekian kalinya menggelar Bakti Sosial (Baksos), Minggu (31/1/2021) kemaren.

Kelompok berbagai profesi yang disatukan dari salah satu sekolah favorit di kota soto dan sukses mengusung Bupati Terpilih Dr. Yuhrohnur Efendi, MBA ini menggelar Baksos Sembako di Desa Karangbinangun, Ketapang Telu, Waruk di wilayah Kecamatan Karangbinangun yang terdampak banjir Bengawan Njero sejak awal bulan lalu.

Ketua Ikasmasa Yes Bro, H. Suparman mengatakan Baksos Sembako ini sebagai bentuk kegiatan berkesinambungan yakni kepedulian Ikasmasa Yes Bro pada masyarakat Lamongan.

“Jika di masa pendemi Covid 19 yang kebetulan saat berbarengan dengan Pilkada, Ikasmasa juga menggelar Baksos Kesehatan. Tentu saja di masa bencana banjir ini kita juga ikut meringankan beban saudara kita yang terdampak banjir Bengawan Jero,” tuturnya.

Dari pantauan posmonews.com wilayah yang mendapat pasokan sembako ini cukup parah. Hingga saat ini pun desa mereka masih terendam air. Akses jalan di sekitar wilayah tersebut juga masih tergenang, seperti jalan raya Sidomukti, Pujut hingga Soko.

Keadaan darurat ini membuat Panitia Baksos menggunakan perahu sebagai sarana transportasi dan penyaluran sembako ke warga.

Meski demikian anggota Baksos Ikasmasa ini tetap semangat mengantarkan bantuan sebanyak 200 paket sembako yang berisi beras dan mie istant.

“Alhamdulillah meski harus susah payah, menggunakan beberapa perahu kita antar bantuan sembako sampai ke warga yang terdampak dan bisa meringankan beban mereka,” kata Bagus, relawan Baksos yang juga alumnus Smasa ini.

Semangat terasa berlipat karena Baksos Ikasmasa ini juga dihadiri Dr. Yuhrohnur Efendi (Pak YES), Bupati Lamongan Terpilih di Pilkada 2020. Tokoh yang low profil dan dikenal sangat dekat dengan wong cilik ini kebetulan juga merupakan bagian Ikasmasa. Pak YES merupakan alumni Smasa angkatan 1985.

Kehadiran CEO Persela ini membuat warga merasa senang karena disambangi pemimpinnya. Karena kepedulian itu yang diharapkan warga, bisa berkomunikasi langsung dengan orang nomor satu di Lamongan.

Sedangkan bagi Pak YES sendiri, kunjungan dan turbanya ke warga terdampak banjir ini ibarat pemanasan kinerja, kelak “kebijakan apa” yang diterapkan saat memimpin, bagaimana solusi banjir tahunan di Bengawan Jero itu.

Di hadapan perangkat desa, tokoh masyarakat dan warga terdampak banjir Pak YES sembari menyerahkan bantuan sembako, ia juga menyampaikan keprihatinannya, karenanya akan memikirkan pembangunan infrastruktur yang tepat bagi wilayah bonorowo itu.

“Saya ucapkan terima kasih atas inisiatif teman-teman Ikasmasa dengan Baksos sembako ini. Pemerintah daerah sangat terbantu dengan kepedulian untuk sesama saudara kita yang terdampak banjir ini. Solusi ke depan, tentu saja akan kita prioritaskan pembangunan di wilayah ini. Solusinya bagaimana, tentu pemerintah daerah akan bekerjasama dengan semua pihak, ahli lingkungan, dinas terkait, dll, dengan pemikirannya sehingga wilayah Bengawan Jero tak lagi jadi langganan banjir,” tegasnya.
*DANAR SP*