Enam Menteri Baru Kompak Berjaket Biru

174 dibaca

JAKET biru kompak dikenakan enam menteri baru Kabinet Indonesia Maju ketika diumumkan pada sore ini. Mereka tampil di muka umum setelah Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan reshuffle jajarannya.

Keenam menteri baru itu adalah Tri Rismaharini (Menteri Sosial), Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan), M Lutfi (Menteri Perdagangan), Yahya Cholil Stakuf (Menteri Agama), serta Wahyu Sakti Trenggono (Menteri Kelautan dan Perikanan).

Ketika diumumkan sore ini, Selasa (22/12/2020), keenamnya kompak muncul di hadapan Jokowi dan kamera dengan pakaian yang sama, yaitu kemeja putih serta celana hitam. Pakaian lain yang menyatukan mereka adalah jaket biru polos. Ternyata jaket biru itu punya maknanya sendiri lho.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjelaskan bahwa jaket biru yang dikenakan keenam menteri baru itu terbuat dari bahan yang enak, lalu kalau panas tidak membuat keringat, jika hujan tidak membuat basah. Dari situ ternyata ada makna filosofisnya.

“Artinya, setiap orang yang menggunakannya tidak masalah dalam cuaca apa pun. Jadi maksudnya, menteri kerja kapan saja dalam suasana kapan saja siap bekerja,” terang Bey dalam keterangan resminya.

Kemudian untuk warnanya sendiri, Bey menjelaskan bahwa itu sebatas keren. “Warna biru itu keren, ‘eye catching’, kapan harus tetap segar cerah, ceria, semangat,” katanya.

Dari keenam menteri baru yang ditunjuk Presiden Jokowi tersebut, kesemuanya sejatinya punya kekhasan tersendiri meski pakaian wajibnya tampak sama. Semoga dengan keberagaman ini bisa membuat Indonesia menjadi lebih baik ke depannya.(setneg/alam)