Jokowi Paparkan 12 Wilayah Kasus Aktif COVID

110 dibaca

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memaparkan 12 kabupaten/kota/kotamadya yang menyumbang 30 persen kasus aktif virus Corona (COVID-19). Wilayah terbanyak berada di Provinsi DKI Jakarta.

Dari 12 wilayah yang disebut, lima di antaranya di Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. Sisanya berada di Kota Ambon, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kota Padang, dan Kota Pekanbaru.

“Saya juga minta 2 minggu ke depan diprioritaskan untuk 12 kabupaten/kota yang memiliki kasus aktif lebih dari 1.000 yang menyumbang 30 persen total kasus aktif nasional, yaitu Kota Ambon, Jakarta Utara, Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kota Jayapura, Kota Padang, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Kota Pekanbaru, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur,” kata Jokowi dalam rapat terbatas penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di YouTube Sekretariat Kabinet, Senin (12/10/20).

Di samping itu, Jokowi mencatat Provinsi Jawa Timur dan Sulawesi Selatan menunjukkan perbaikan pengendalian COVID-19. Jokowi meminta kedua provinsi ini dijadikan contoh wilayah lain.

“Saya mencatat dari angka-angka yang ada, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Sulsel menunjukkan perbaikan pengendalian COVID. Saya kira ini bisa dijadikan contoh provinsi-provinsi lain,” ujar Jokowi.

Tidak lupa, Jokowi berpesan 8 provinsi prioritas tetap dimonitor secara ketat. Antara lain meliputi jumlah pengujian, pelacakan, dan penanganan COVID-19.

“Saya minta tetap 8 provinsi prioritas tetap dimonitor secara ketat, testing, tracing dan treatment terus diperbaiki sehingga gap antara provinsi satu dengan lain, terutama testing bisa kejar dengan baik,” ujar Jokowi.
(setneg/dk)