Presiden Jokowi: TNI-Polri Tertipkan Pengguna Masker

96 dibaca

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya penggunaan masker untuk mencegah penularan COVID-19. Dia mengungkap ada 70 % warga di satu daerah di Jawa yang belum mengenakan masker.

“Survei-survei yang kita lakukan, saya nggak menyebut provinsinya, 70 % belum memakai masker,” kata Presiden Jokowi dalam sambutan di kegiatan peninjauan posko penanganan COVID-19 Jawa Barat, Bandung, disiarkan langsung oleh kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (11/8/20).

Jokowi memang tidak menyebut provinsi mana yang 70 % warganya tidak mengenakan masker. Namun, Jokowi memberikan petunjuk umum, daerah itu berada di Jawa.”Ini di satu provinisi di Jawa. Ini (70%) sebuah angka yang besar sekali,” kata Jokowi.

Supaya lebih banyak orang tertib mengenakan masker, maka pemerintah akan menertibkan warga. Cara penertibannya adalah menggunakan bantuan aparat TNI dan Polri.

“Saya harapkan dalam dua minggu ini dibantu TNI-Polri, Gugus Tugas Daerah, betul-betul urusan masker ini kita kerjakan secara all out dan masif,” kata Jokowi.

Dia memerintahkan agar Ketua Komite dan Ketua Satgas COVID-19 serius mengurus masker ini. Masker bisa mengurangi angka penularan COVID-19.”Karena ini akan menyelesaikan banyak hal yang berkaitan dengan COVID,” kata Jokowi.

Soal tingkat kepatuhan warga untuk mengenakan masker, pernah ada peneilitian Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Surabaya (FKM Unair) yang menyoroti hal itu. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan itu pada Juni lalu.

“Situasi kepatuhan masyarakat di Surabaya Raya, tempat ibadah masjid, pura, gereja masih ada 70 % yang tidak menggunakan masker. Kemudian mereka 84 % mereka tidak physical distancing,” ungkap Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (24/6) lalu.(setneg/alam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here