Koramil 0812/23 Percepat Program Rutilahu

179 dibaca

Program Rutilahu yang diprakarsai Kodam V/Brawijaya dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah dilaksanakan dengan baik di Lamongan. Kodim 0812 dengan gerak cepat telah membangun rumah yang tidak layak huni itu di berbagai kecamatan baik di wilayah selatan maupun utara teritorialnya. Termasuk hari ini, Kamis (23/7) Koramil 0812/23 Solokura bersama Babinsa dan warga bergotong royong mewujudkan program bhakti TNI ini.

Janji Dandim 0812/ Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono, S.H., M.Tr.Han, yang mempercepat pengerjaan bakti TNI Rutilahu di wilayahnya bisa dilihat hasilnya. Setelah minggu lalu Koramil 0812/05 Kembangbahu telah melaksanakan pembuatan rumah tidak layak huni lewat program RUTILAHU sebanyak 14 unit. Kini Koramil 0812/23 Solokuro mendapatkan pagu pekerjaan sebanyak 14 unit rumah warga kurang mampu itu di wilayahnya.
Berdasar data posmonews.com, wilayah kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan ini memiliki luas 12.8187 Ha dengan potensi pertanian, didominasi tanaman jagung, padi, kacang tanah, dll. Dii kawasan ini persawahannya tergolong lahan tadah hujan. Termasuk Dusun Palirangan yang berada di Desa Payaman yang menjadi objek Rutilahu Koramil 0812/53 ini. Desa ini ini berjarak sekitar 7 kilometer dari Paciran. Meski berjarak tidak jauh dari Pesisir Laut Jawa, namun hanya segelintir penduduknya yang berprofesi sebagai penangkap ikan. Bidang pertanian masih menjadi garapan primadona di desa yang masuk dalam Kecamatan Solokuro ini. Di bidang ini tidak semua warga yang memiliki lahan pertanian, terpaksa mereka menjadi buruh tani.

Menurut Danramil 0812/23 Solokuro Kapten Inf Mulyanto di sela kegiatan menyampaikan dari 14 unit rumah tersebut termasuk rumah ibu Siti Zulfriyah 56 tahun warga RT. 01/04 Dusun Palirangan Desa Takerharjo, Kec Solokuro yang saat ini sedang dilakukan pengerjaan oleh Babinsa Kopda Siswanto bersama anggota Koramil dan 15 orang masyarakat sekitarnya.

Saat ditemui media ibu Siti Zulfriyah yang mendapatkan program rutilahu tersebut sangatlah terharu sehingga tak kuasa menahan aliran air matanya. Dengan terbata-bata ia menyampaikan rasa terima kasih kepada Pak Babinsa.
“Saya tidak dapat berbuat apa-apa meski rumah saya sudah dibongkar dan sedang dibangun oleh TNI, karena keseharian saya hanya seorang buruh tani penghasilannya tidak seberapa. Saya hanya dapat mengucapkan rasa syukur saya pada Allah, dan juga terima kasih pada Bapak Danramil, Pak Babinsa yang telah menolong saya,” tuturnya
Menyemangai jajaran anggotanya di kegiatan Rutilahu ini Dandim 0812/ Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono, S.H., M.Tr.Han, saat dikonfirmasi menyampaikan apresiasinya kepada anggota jajaran yang selalu semangat melakukan percepatan pengerjaan bakti TNI Rutilahu diwilayahnya, “termasuk yang dikerjakan di Wilayah Koramil 0812/23 Solokuro secara keseluruhan.
“ Secara keseluruhan Kodim 0812/ Lamongan mengerjakan sebanyak 350 unit. Kita harapkan dengan semangat dan kerja keras Koramil dan Babinsa jajaran, saya optimis bulan depan sudah selesai keseluruhannya,” kata Dandim 0812/Lamongan. (DANAR)