Ditarget Meraih Juara Umum

161 dibaca

Sejumlah 69 pendekar pencak silat Pagar Nusa, yang terbagi laki-laki dan perempuan. Kamis (2/1) sekitar pukul 16.00WIB berkumpul di Kantor PWNU Jatim. Mereka diberi pembekalan terkait Kejurnas, yang akan mereka ikuti di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).
Terlihat, sore itu antusias para atlet. Mereka serius mendengarkan aturan dan spirit bertanding, yang disampaikan pelatih dan senior- senior mereka. Hal itu harus di sampaikan, agar para atlet yang akan bertanding tidak mlempem atau patah semangat.
Terlihat selain para senior-senior dan atlet silat yang akan di berangkatkan. Datang juga Wakil Gubenur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak, Wakil Sekertaris Wilayah Jatim, Hasan Ubaidillah, dan Sekertaris Wilayah Pagar Nusa Jatim, Salahudin Fathurahman.
“Kejurnas pencak silat ini, kejuaraan internal silat pagar nusa, dan diadakan dua tahun sekali. Untuk tahun ini sudah Kejurnas yang ketiga. Selama Kejurnas, kita (Jatim) sudah menjadi juara umum dua kali berturut-turut,” ungkap Salahudin Fathurahman, Sekertaris Pagar Nusa wilayah Jatim kepada posmonews. com, Kamis (2/1).
Salahudin berkeyakinan bahwa untuk Kejurnas yang ketiga kali ini ini. Jatim akan membawa pulang kembali sebagai juara umum yang ketiga. Setelah itu, juara akan di tetapkan dan akan mencari kejuaraan yang baru.
“Kita akan membawa pulang kembali juara umumnya ke Jatim. Meskipun nantinya akan ada perlawanan berat dari daerah-daerah seperti Gorontalo dan DKI Jakarta. Tapi kita tetap yakin akan menjadi juara,” tegasnya.
Melihat semangat para atlet silat Pagar Nusa, dalam kesempatan ini Wakil Gubenur Jatim, Emil Elistianto Dardak mengungkapkan akan memberikan support dana dan konsumsi selama atlet bertanding di Jakarta nanti.
Hal itu bukan tanpa alasan. Menurut Emil, pencak silat merupakan salah satu cabang olahraga yang berpotensi di Jawa Timur. Oleh sebab itu, sebagai pejabat daerah, dirinya akan mensupport olahraga warisan leluhur di wilayahnya ini.
“Banyak prestasi-prestasi yang di ukir dari cabang olahraga raga ini (silat) di Jatim. Baik Kejurnas, PON sampai kejuaraan Sea games. Oleh karena itu, kita akan support terus mereka. Salah satunya konsumsi. Sehingga asupan gizi para atlet terjaga,” tegas Emil.
Wakil Gubernur yang juga pernah menjabat sebagai Bupati Trenggalek, Jatim ini selain menargetkan silat Pagar Nusa Jatim kali ini membawa piala juara umum ketiga kalinya. Dia pun berpesan kepada para atlet agar dalam kejuaran tetap waspada dan berhati-hati, agar tidak cidera. Haris