Kembang Tahu, Bikin Kulit Cerah

130 dibaca

Makanan kembang tahu yang dicampurkan dengan air jahe digemari. Tak hanya memberikan kehangatan bagi tubuh, kembang tahu yang terbuat dari kedelai ini memiliki manfaat untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit, sekaligus membuat awet muda karena mengandung antioksidan.
Kedelai sebagai bahan baku dari kembang tahu diketahui sebagai salah satu sumber makanan yang bergizi. Kedelai mengandung asam amino lisin dan isoleusin. Kandungan lainnya adalah protein, lemak, karbohidrat, mineral, fosfor, Vitamin B kompleks, vitamin E, serta kalium dan kalsium yang memiliki daya cerna hingga 98 persen.
Seperti pendapat dr. Ekky M. Rahardja, SpGK, dokter spesialis gizi klinik, yang dikutip dari infokecantikan menerangkan, hingga saat ini memang belum ada bukti ilmiah yang menyebutkan bahwa kembang tahu dapat mencerahkan kulit. Namun kandungan protein yang sangat tinggi dalam kembang tahu yang terbuat dari kedelai ini memang sudah terkenal bermanfaat untuk menghaluskan kulit wajah.
Kandungan protein nabati ini tidak mengandung kolesterol sehingga sangat baik. Protein dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit yang sudah mati. Seperti diketahui setiap 28 hari sekali kulit akan mengalami regenerasi dan saat itulah membutuhkan kandungan protein yang cukup.
Ning Harmanto, herbalis, mengatakan kembang tahu bisa mencerahkan kulit karena kembang tahu mempunyai campuran bahan lain seperti jahe. Jahe mengandung minyak atsiri zingiberena (zingirna), zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena dan resin pahit yang dapat melancarkan peredaran darah. Jika peredaran darah lancar akan mempengaruhi kondisi kulit yaitu kulit menjadi lebih bersih dan cerah.
Untuk mendapatkan khasiat dari kembang tahu, maka sebaiknya kembang tahu dikonsumsi setiap hari pada pagi hari atau malam hari, minimal satu mangkuk berukuran sedang. Bagi penderita maag, kembang tahu dapat dicampur dengan kunyit atau temulawak untuk membantu mengatasi kenaikan asam lambung. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here