Dinas PU PSDA Malang Beli Truk Trailer

259 dibaca

Guna memenuhi kebutuhan oprasional di lapangan, Dinas PU PSDA Kabupaten Malang, Jawa Timur, membeli truk trailer 4×6. Kontruksi utama truk semi trailer adalah bagian penarik (mesin penarik, truk, traktor) dan bagian yang ditarik. Ketika dilepas dari mesin penarik, semi trailer tidak mampu berdiri sendiri kecuali ketika landing gear ditegakkan.

Truk trailer 4×6 ini lebih canggih dibandingkan dengan alat-alat yang sudah dimiliki Dinas PU PSDA Kabupaten Malang. Pengereman umumya menggunakan tekanan udara untuk menggerakkan rem, terutama untuk mengerem roda semi trailer. Rem udara dipilih karena kemudahan dalam menyambung dan melepas saluran udara antara mesin penarik dan semi trailer. Selain itu, saluran udara memiliki kemudahan dalam perawatan dan tidak memiliki masalah yang lebih banyak ketika terjadi masalah. Misal kebocoran atau overheating, biasanya mesin penarik memiliki dua saluran udara yang tersambung ke semi trailer, di mana salah satunya merupakan saluran udara darurat.

Rem udara yang digunakan adalah bertipe pegas, di mana rem bekerja ketika udara dilepaskan dari dalam rem, dan berhenti bekerja ketika udara disuplai masuk ke dalam rem. Hal ini lebih bermanfaat demi keselamatan karena ketika sistem penyaluran udara tidak bekerja, roda tidak bergerak. Itulah kenapa sering terdengar suara mendesis ketika truk melakukan pengereman.

Menurut Kepala Dinas PU PSDA Kabupaten Malang, Ir. Avicena Madisica Saniputra, MT. pengadaan truk trailer 4×6 jenis ISUZU ini sudah melali lelang. “Pengadaan barang ini sudah kami lakukan lelang. Akhirnya kami pilih Astra Waru karena penawarannya lebih murah dibandingkan dengan lainnya,” katanya.

Lebih lanjut Avicena Madisica Saniputra mengungkapkan bahwa pengadaan barang ini dilakukan karena melihat kebutuhan untuk mengangkut barang-barang di lapangan terutama buat jalur-jalur berat.”Truk trailer jenis ini lebih modern, tidak hanya itu saja. Truk ini mampu berjalan di jalanan yang berlumpur. Ya pokoknya lebih modern lah bila dibandingkan dengan peralatan yang sudah kita miliki,” tandasnya.

Avicena Madisica Saniputra menjelaskan, bahwa selama ini pihak Dinas PU PSDA Kabupaten Malang tidak pernah menyewakan alat-alat yang dimilikinya. Namun, kalau ada dinas lain yang membutuhkan pihaknya tidak keberatan untuk meminjamkan.”Tentunya kami tidak pernah menyewakan, tapi kalau ada yang pinjam ya kami pinjamkan,” tegasnya.

Sekarang ini truk traileh 4×6 yang dibeli Dinas PU PSDA Kabupaten Malang, sudah berada di halaman Kantor PU PSDA Kabupaten Malang.”Tentunya kami akan melakukan tes di medan-medan berat. Sekarang truk itu sudah di sini. Barusan saja diantar dari karoseri Bumi Palapa,” tambah Avicena.(alamsyah)