Kerang Bikin Wanita Awet Muda

219 dibaca

Kulit wajah yang bersemu merah membuat seorang wanita terlihat lebih cantik dan sehat. Sebaliknya kulit yang pucat membuat penampilan seseorang terlihat kurang cantik dan seperti orang sakit, lemah, letih dan tidak bergairah. Cobalah Anda makan Kerang Darah bila wajah Anda ingin terlihat merah merona.

Untuk membuat kulit merona kemerahan, maka tidak ada salahnya Anda menyantap kerang dara yang termasuk golongan seafood agar kulit tidak pucat. Dijelaskan oleh dr. Diani Adrina, SpGK, dokter spesialis gizi klinik, dikutip dari infokecantikan bahwa kandungan zat besi pada kerang dapat membantu menaikkan zat besi di dalam tubuh sehingga mampu meningkatkan kadar hemoglobin.

Zat besi memiliki manfaat untuk membawa sel-sel darah, yang mana sekitar 2/3 zat besi dalam tubuh terdapat dalam hemoglobin atau HB. Dengan meningkatnya HB dalam tubuh maka dapat menghilangkan kulit pucat pada wajah.

Namun, pembentukan HB tidak semudah yang dibayangkan karena diperlukan waktu kurang lebih satu minggu untuk mengganti dan meningkatkan HB di dalam tubuh. Setelah seseorang makan makanan yang mengandung ferum atau zat besi seperti kerang, maka hasilnya akan cukup lama. Prosesnya adalah ferum dalam darah mulai berikatan dengan globin dan akhirnya akan membentuk HB baru.

Meski hasil yang didapat tidak secara langsung, namun untuk seseorang yang memiliki permasalahan dengan kulit pucat maka kerang dapat menjadi salah satu alternatif sumber makanan yang dapat dikonsumsi. Selain kerang, bahan makanan lain yang mampu menaikan HB dalam darah adalah hati dan limfa, karena keduanya memiliki kandungan zat besi yang cukup banyak sehingga mampu mengatasi salah satu penyakit kekurangan darah atau anemia.

Di antara jenis kerang, kerang darah memiliki gizi tinggi dan bernilai ekonomi. Dinamakan kerang darah karena berwarna merah dan mengandung hemoglobin (protein sel darah merah). Cara memasak kerang darah direbus atau dikukus, tidak sampai matang seperti ada “darah.” Perlu dipahami, merebus kerang darah tidak dengan air.

Kebanyakan jenis kerang, cangkangnya halus rata atau berbulu. Tidak demikian dengan kerang darah (anadara granosa), cangkangnya keras, warnanya putih kecoklatan dan bentuknya bergelombang seperti atap genteng.  Kulit kerang (cangkang) umumnya dibikin kerajinan dan aksesoris yang cantik-cantik.

Kalau di Kota Medan mencari kerang darah sedikit susah. Kebanyakan penjual di pajak (pasar) menjual kerang bulu, kerang hijau, kijing, remis dan kepah yang berasal dari Tanjung Balai, Sumatera Utara. Tanjung Balai dari zaman ke zaman sudah terkenal dengan julukan Kota Kerang.

Kerang adalah hewan air bertubuh lunak (moluska). Kerang memiliki sepasang cangkang. Kerang tidak punya kepala tetapi memiliki mulut. Cangkang kerang berfungsi seperti kaki bergerak ke sana-ke sini. Keberlangsungan hidup kerang dengan cara memakan plankton. Ada sejumlah jenis kerang yang dapat dikonsumsi seperti: Remis, Tiram, Simping, Kerang hijau (kupang awung), Kerang batu, Kerang bulu, Kerang dago, Kerang darah.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here