Ketua Tanfiziah Pertama NU KH. Hasan Gipo Makamnya Hampir Hilang

459 dibaca

Ketua Tafiziah  NU Pertama  adalah KH Hasan Gipo. masa hidmah 1926 – 1952. Perannya cukup besar dalam membesarkan NU sebelum Indonesia merdeka. Berikut ini:

Banyak yg kebingungan ketika ditanya tentang nama beliau, apalagi ketika dikatakan sebagai Ketua Tanfiziyah NU Pertama. Sebab, umumnya mengira Hadlrotussyaikh Hasyim Asy’arie, yg diberi amanah sebagai Rois Akbar NU.

Cukup banyak warga NU merada bahagia bercampur haru. Saat mata  menatap sebuah prasasti kecil bertuliskan KH Hasan Gipo. Tak terasa air mata mengiringi doa2 kami, terhatur bagi beliau. Karena cukup lama tidak ada yang memperhatikan.

Padahal KH Hasan Gipo termasuk dzurriyah Kanjeng Sunan Ampel yg menyediakan harta, tenaga dan pikirannya untuk NU. Seorang saudagar kaya raya yg mewakafkan diri dan hidupnya untuk NU.

Bahkan makam beliau hampir saja hilang tidak dikenali jejaknya, alhamdulillah berhasil ditemukan kembali dan diberi tanda pada zaman revormasi ini.

Berada di Kompleks Pemakaman Kanjeng Sunan Ampel Surabaya, di sebelah Timur Masjid Ampel, satu lokasi dengan makam Pahlawan Nasional Empat Serangkai KH Mas Mansyur.

Husnu Mufid