SYAFAAT ALLAH

158 dibaca

SYAFAAT itu artinya pertolongan. Upaya bantuan yang punya kemampuan memberi harapan bagi yang ditolong, bahwa semua syafaat itu milik Allah. Beberapa malaikat dan para rasul, nabi serta yang mati syahid dapat memberi syafaat kepada seseorang atau umat keduanya itu atas izin Allah semata. Syafaat (pertolongan) itu diberikan diakhirat dan di hari keseimbangan dosa dan pahala di Padang Masyar dan nanti akan diberikan saat orang beriman yang menjalani siksa Neraka sebab dosanya banyak lalu oleh Allah diangkat dari Neraka dan dimasukkan Surga warna hijau.

Dalam QS AZ Zumar (39), 44 ; terjemahannya : Katakan: “ semua syafaat (pertolongan) itu milik Allah ! dia memiliki kerajaan semua langit dan bumi, kemudian kepada Nya kalian akan dikembalikan. Lalu, Qs An Najem (53), 26; terjemahannya: Dan berapa banyak dari malaikat di semua langit tidak berguna syafaat mereka sedikitpun, kecuali sesudah bahwa Allah memberi izin bagi siapa yang dia kehendaki dan ridhai.

Kemudian QS Al Baqarah (2), 255 , terjemahannya:Siapa yang punya syafaat di sisi Nya melainkan dengan izin Nya Allah!Ada sebuah hadist yaitu Rasulllah berkata bahwa syafaatnya nanti di akhirat akan diberikan pada umatnya yang tidak melakukan kemusyrikan. Dan Allah tidak mengampuni dosa bagi orang musyrik, seperti berikut ayatnya.  QS. An Nisaak (4), 116, terjemahanya :

Sungguh! Allah tidak akan mengampuni untuk yang musyrik dengan Allah, dan dia mengampuni dosa pada yang selain demikian bagi siapa yang kehendaki.

Hidup manusia di muka bumi ini antara 60-70 tahun dan ada yang sampai 100 tahun atau lebih, padahal dulu umur Nabi Nuh itu 950 Tahun, memang umat dahulu itu panjang umurnya dan banyak yang bertubuh tinggi, semua itu atas takdir Allah semata. Manusia hidup itu hanya beribadah kepada Allah saja dan mohon pertolongan (syafaat/ nastain) itu hanya kepada Allah semata, inilah perilaku yang afdol. Maka meminta syafaat itu mintalah pada Allah sesuai Qs Azzumar (39), 44 tersebut di atas.

Contoh kehidupan manusia di bumi ini : (1). Bagi yang hidup susah melarat maka mohonlah syafaat pada Allah semata agar takdir susah itu menjadi bahagia banyak rejeki, ada kemudahan hidup, dengan berdoa dan bekerja keras, menambah ilmu. Insyaallah akan Allah mengabulkan doa dan upaya pada inilah syafaat di dunia diberi keselamatan dan kesejahteraan hidup di bumi dari Allah sebagai tempat tujuan memohon.  (bersambung). *****