TERONG HIJAU CEGAH JERAWAT

118 dibaca

Salah satu jenis sayuran yang bermanfaat mengatasi masalah jerawat adalah terong hijau. Sayuran ini memiliki kandungan Vitamin C yang bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan kulit. Terong hijau merupakan tumbuhan yang masuk ke dalam family solanaceae dan genus solanum.

Terong sangat berkhasiat bagi kesehatan karena banyak mengandung Vitamin C, K, B6, tiamin, niasin, magnesium, fosfor, tembaga, serat, asam folat, kalium, dan mangan. Selain itu, terong hanya sedikit sekali mengandung kolesterol atau lemak jenuh.

Menurut dr. Lady Dhita Alfara, M.Gizi, SpGK, dokter spesialis gizi klinik, seperti dirilis infokecantikan menyebutkan bahwa terong hijau memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Selain itu, juga mengandung mineral makro yaitu kalium, sodium, magnesium, cooper. Kandungan Vitamin B3, Vitamin K dan  Vitamin C sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Ditambahkan Anne Kania Dewi, herbalis, untuk mengatasi jerawat tidak hanya dengan terong saja, tetapi yang utama adalah dengan menghindari dan mengobati penyebab dari jerawat itu sendiri.

Cara mengonsumsi terong bisa dengan kombinasi sayuran sehat lainnya yang juga sama-sama menghasilkan antioksidan, menangkal racun. Mengonsumsi terong dengan porsi yang tepat dan kombinasi sayur lain yang banyak mengandung Vitamin C, Vitamin A seperti tomat, wortel, mentimun dapat mengatasi atau mencegah jerawat.

Tapi perlu diingat, pengolahan makanan berpengaruh terhadap timbulnya jerawat, karena itu terong atau sayuran yang diolah sebaiknya tidak dimasak dengan cara digoreng atau diberikan tambahan lemak yang banyak.

Pengolahan dengan cara direbus, dipanggang atau dijadikan sayur adalah cara memasak terbaik jika ingin menjadikan makanan tersebut sehat. Jika mengolah terong dengan cara pengolahan yang salah, maka khasiat dari kandungan yang seharusnya dapat diserap oleh tubuh dengan baik akan tidak berguna dan sia-sia.

Sebaiknya terong dikonsumsi rutin 3-4 kali seminggu bersama sayur-sayuran lain. Selain sayur-sayuran yang dapat mencegah radikal bebas, untuk mendukung pencegahan jerawat, sebaiknya tetap mengonsumsi air putih sebanyak delapan gelas sehari. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here