Covid-19 Varian India Sudah Menyebar di 44 Negara

95 dibaca

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) mengatakan pada Rabu bahwa varian Covid-19 dari India sudah menyebar ke banyak negara di di seluruh dunia. WHO mencatat varian covid India ini sudah masuk ke 44 negara.

Badan kesehatan PBB ini mengatakan varian B.1.617 dari Covid-19 pertama kali ditemukan di India pada Oktober. Saat ini telah terdeteksi dalam urutan yang diunggah ke database akses terbuka GISAID di 44 negara.  WHO menambahkan telah menerima laporan deteksi dari lima negara tambahan.

Sebelumnya WHO mengatakan Covid India bisa disebut ‘ancaman’ kesehatan global. Covid India disebut terbukti lebih cepat menyebar dibandingkan virus asli dan beberapa bukti memperlihatkan mutasi ini dapat menghindari perlindungan vaksin yang ada saat ini.

“Karena itu kami mengklasifikasikan ini sebagai varian of concern di tingkat global,” kata Kepala Teknis WHO untuk Covid-19, Maria Van Kerkhove dalam konferensi pers Senin (10/5/2021) malam, seperti dikutip dari CNBC International, Selasa (11/5/21).

“Meskipun ada peningkatan penularan yang ditunjukkan oleh beberapa studi pendahuluan, kami tetap memerlukan lebih banyak informasi tentang varian virus ini … kami memerlukan lebih banyak pengurutan.”

Covid India sendiri dipastikan sudah masuk ke Indonesia.Kemenkes mencatat ada satu pasien di Kepulauan Riau dan satu di Jakarta yang terinfeksi mutasi corona

Lantas seperti apa gejala orang yang terinfeksi Covid India? Berikut ciri-cirinya seperti dikutip dari Zee News:

1. Sakit Tenggorokan
Salah satu ciri sakit tenggorokan adalah gatal atau bengkak. Gejala tersebut juga umum terjadi pada Covid-19 dan ditemukan di global pada 52% kasus.

2. Kelelahan
Orang yang akhirnya positif Covid-19 sebelumnya mengalami tanda kelelahan dan lemah.

3. Nyeri di Bagian Tubuh
Menurut para dokter, banyak orang positif Covid-19 merasakan nyeri di tubuh, sendi dan otot. Dikabarkan ini karena virus corona menyerang serat otot dan lapisan jaringan penting pada tubuh manusia.

4. Demam dan Menggigil
Selain itu orang yang terinfeksi mengalami demam dan menggigil. Tanda lainnya adalah kedinginan dan pilek tidak biasa.

5. Mual dan Muntah
Pasien dengan infeksi Covid-19 juga mengalami gejala mual dan muntah.

6. Pusing
Terdapat banyak laporan mengalami gejala neurologis yakni pusing, malaise dan mual.

7. Tidak ada air liur
Disebutkan jika tubuh manusia gagal air liur yang bisa melindungi mulut dari bakteri jahat, kata para ahli. Dengan gejala ini, ada kemungkinan orang yang mengalami kesulitan mengunyah serta berbicara.

8. Gejala Lainnya
Selain gejala tadi, ternyata masih ada orang yang terinfeksi mengalami gejala kurang umum. Professor Tim Spector dari fakultas epidemiologi genetik di King’s College London Inggris, dalam akun Twitternya menuliskan gejala ini dialami oleh satu dari lima orang terkena Covid-19.

Gejala tersebut salah satunya adalah adanya ruam di kulit. Dia mengingatkan bila terkena gejala aneh atau hanya pusing dan kelelahan sebaiknya untuk tetap di rumah.**(zi)