Pak Yes Unggul di Survei Pilkada Lamongan 2024

105 dibaca

▪︎Warning Minus Kepuasan Kinerja

▪︎LAMONGAN — POSMONEWS.COM,-
Menjelang detik-detik Peluncuran Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Lamongan 2024 yang digelar oleh KPU Lamongan di Alun-Alun Lamongan, Selasa (11/6/2024) sore ini, warga kota Soto harus tahu bagaimana elektabilitas jagoannya yang akan maju di Pilkada – Pilbup Lamongan di Bulan Nopember 2024 nanti.

Adalah Proximity Indonesia yang merilis hasil survei elektabilitas Bupati Lamongan Yuhronur Efendi yang menduduki peringkat pertama, jelang Pilkada 2024, Senin (10/6/2024) kemarin.

Yuhronur Efendi unggul di posisi pertama dengan hasil 40,8 persen. Teratas dibanding 7 tokoh kuat lain; Ir. Suhandoyo, Abdul Ghofur, Kartika Hidayat, Raden Imam, Ahmad Shandy, Abdul Rauf, beserta Khusnul Yakin.

Meski demikian, CEO Proximity Indonesia, Whima Edy Nugroho mengatakan posisi Yuhronur riskan. Kata dia, sebab survei kepuasan masyarakat atas kinerja Yuhronur ini, masih di tingkat biasa – biasa saja: 57,5 persen.

“Angka atas kepuasan kinerja, menurut saya tidak terlalu tinggi untuk seorang incumbent mencalonkan diri calon bupati. Karena, lebih dari 40; sampai 42 persen Pemilih di Lamongan tidak puas dengan Yuhronur Efendi,” papar Edy di Hotel Narita, Kota Surabaya, Senin (10/6/24) siang hari.

Edy menyampaikan bahwa hasil kepuasan kinerja ini adalah penilaian murni masyarakat. Sekaligus, dapat membuka peluang bagi mereka pendatang baru, yang akan maju di Pilkada 2024 Lamongan.

“Hal ini riskan bagi incumbent melihat kontestasi mendatang. Artinya apabila ada tokoh tokoh baru yang berhasil mendongkrak popularitas dan elektabilitas, tokoh baru mampu menjadi pesaing untuk bersaing langsung dengan incumbent,” ujar Edy.

Kendati demikian, lanjut Edy, hal itu masih dapat diantisipasi dan diperbaiki. Asalkan memasifkan sosialisasi secara intenssif ke warga masyarakat Lamongan.

“Kita dapat melihat bahwa 68,3 persen pemilih di Kabupaten Lamongan ini masih mungkin berubah pilihan. Dan hampir 50 persen pemilih ini adalah Gen Z dan millennial. Maka dari itu, media sosial (medsos) bisa menjadi alternatif bagi para calon untuk sosialisasi, dan tentu media luar juga penting,” tutupnya.

Diketahui survei Pilkada Lamongan 2024 tersebut turut melibatkan 1000 responden di 27 kecamatan di Lamongan. Menggunakan toleransi margin eror ± 3,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sedangkan, berdasarkan hasil survei Proximity di tanggal 31 Mei – 7 Juni 2024. Tokoh – tokoh yang sering disebut diidamkan masyarakat sebagai sosok pantas menjadi Bupati Lamongan 2024, itu di antaranya:

1. Yuhronur Efendi 40,8 persen,
2. Ir. Suhandoyo 15,1 persen
3. Abdul Ghofur 8,9 persen
4. Kartika Hidayat 7,7 persen
5. Raden Imam 2,4 persen
6. Ahmad Shandy1,5 persen
7. Abdul Rauf 1,3 persen
8. Khusnul Yakin 0,8 persen.
▪︎[DANAR SP]