Optimalkan Lahan Sawah dengan Pompa Air Bantuan Mentan

39 dibaca

▪︎Langkah Nyata Babinsa Jajaran Kodim 0812 Bantu Poktan

LAMONGAN – POSMONEWS.COM,-
Dalam upaya meningkatkan produksifitas pertanian di wilayah Kabupaten Lamongan, para Bintara Pembinaan Desa (Babinsa) Jajaran Kodim 0812 Lamongan yang mana sebagai ujung tombak satuan dan garda terdepan terus berupaya dalam memaksimalkan ketahanan pangan Nasional dengan melaksanakan pendampingan kepada seluruh Kolompok Tani (Poktan).

Dalam hal ini Babinsa jajaran Kodim 0812 Lamongan sengaja di terjunkan untuk membantu kelompok tani. Langkah konkrit ini adalah pemasangan pompa air bantuan dari Kementerian Pertanian RI untuk mengairi sawah demi meningkatkan ketahanan pangan Nasional.

Tidak hanya sebagai penjaga keamanan saja namun Babinsa juga terlibat aktif dalam mendampingi para petani setempat untuk mencapai capaian swasembada pangan yang maksimal, Minggu (5/5/2024).

Dalam sebuah aksi yang memperlihatkan kekompakan dan kerjasama yang solid, para Babinsa jajaran kodim 0812 Lamongan bersama Poktan melakukan pemasangan pompa air secara bergotong-royong. Langkah ini tidak hanya sekadar pemberian bantuan, tetapi juga pembentukan sinergi antara aparat keamanan dan masyarakat dalam memajukan sektor pertanian lokal.

Pemasangan pompa air ini bukan hanya sebagai solusi jangka pendek, tetapi juga investasi jangka panjang untuk kesejahteraan para petani karna di kab Lamongan kebanyakan petani mengandalkan hujan dan irigasi, Dengan adanya alat ini, diharapkan pengairan sawah menjadi lebih efisien dan produktifitas pertanian meningkat secara signifikan.

Hal ini tentu sejalan dengan visi pemerintah utamanya Kabupaten Lamongan dalam mencapai swasembada pangan demi meningkatkan kesejahteraan Petani.

Dalam hal ini Dandim 0812 Lamongan, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P.,M.Han., mengatakan peran Babinsa Jajaran kodim 0812 Lamongan yang diterjunkan untuk membantu petani merupakan hal yang sangat positif dalam mendukung Poktan untuk mendukung ketahanan pangan Nasional.

“Kehadirannya tidak hanya sebagai seorang Babinsa, tetapi juga sebagai sahabat dan mitra bagi para Petani. Dengan keterlibatannya secara aktif, akan dapat menciptakan hubungan yang harmonis antara aparat keamanan dan masyarakat petani,” ujarnya.

Kegiatan ini juga mencerminkan semangat gotong-royong dan kepedulian terhadap sesama dalam membangun komunitas yang lebih baik. Ketika Babinsa dan masyarakat saling bahu-membahu, bukan hanya pertanian yang berkembang, tetapi juga kebersamaan dan solidaritas di tengah-tengah masyarakat.

“Kisah sukses ini menjadi inspirasi bagi Wilayah lain dalam memperkuat kerjasama antara Aparat Keamanan dan Masyarakat dalam mendukung sektor pertanian. Dengan semangat yang sama, diharapkan pertanian di berbagai Daerah dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang besar bagi kesejahteraan Masyarakat,” ungkap Dandim 0812 Lamongan.▪︎[DANAR SP]