Proyek Pesisir Kenjeran Surabaya Masuk PSN Baru

67 dibaca

▪︎JATIM – POSMONEWS.com,-
Presiden Joko Widodo (Jokowi), telah  memanggil beberapa menterinya untuk melakukan rapat terbatas terkait dengan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Selain membicarakan PSN yang sudah selesai dan sedang berjalan, kemarin mereka menyetujui 14 PSN baru. Sebanyak 1 di antara 14 proyek itu berada di Surabaya. Yakni, pasar ikan dan pusat kegiatan ekonomi di pesisir Kenjeran.

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, termasuk salah seorang menteri yang terlibat dalam rapat kemarin. Seusai rapat, dia bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, dan Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono, memaparkan hasil rapat.

”Sejak 2016 sampai Februari 2024, sudah selesai 195 PSN dan beroperasi penuh dengan nilai Rp 1.519 triliun,” kata Airlangga.

Selain itu, ada 90 proyek dalam tahap konstruksi, produksi sebagian, dan beroperasi sebagian. Nilai investasi 90 PSN ini mencapai Rp 2.960,7 triliun.

Airlangga menyatakan, tahun ini ditargetkan ada 41 PSN yang akan rampung. Di antaranya, lima proyek tuntas pada Januari sampai Maret. Lalu, pada April sampai September, 24 proyek bakal selesai. Sisanya, 12 proyek, dalam tahap penyelesaian.

”Ada beberapa yang disampaikan khusus. Pertama, tol Gilimanuk–Mengwi,” ujar Airlangga.

Selain itu, PSN industri pupuk di Fakfak. Setelah ini, pemerintah juga akan merapatkan PSN Kawasan Industri Batang yang masih terkendala.

”Dilaporkan juga ke Pak Presiden ada 14 PSN baru (lihat grafis). Periodenya dilakukan swasta atau pembiayaan dari swasta,” ungkapnya.

Airlangga menyatakan, PSN ini tidak membutuhkan APBN, tetapi dapat membuka lapangan kerja. PSN di kawasan Kenjeran saat ini memang getol digarap Pemkot Surabaya. Kawasan pesisir itu bakal disulap menjadi kawasan wisata terpadu, sesuai dengan perencanaan Surabaya sebagai waterfront city.

Saat ini beberapa fasilitas sudah tersedia. Misalnya, Jembatan Suroboyo, Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, Taman Suroboyo, dan Sentra Ikan Bulak (SIB). Penambahan berbagai fasilitas pun terus dilakukan.

Airlangga menegaskan, PSN sudah merata. Dari Sumatera hingga Papua, sudah ada PSN. Memang luar Jawa menjadi prioritas sehingga pengembangan lebih banyak di luar Jawa.

▪︎14 PROYEK STRATEGIS NASIONAL (PSN) BARU

1. Pantai Indah Kapuk Tropical Concept
2. Kawasan Industri Wiraraja di Pulau Galang, Batam
3. North Hub Development Project di Kalimantan Timur
4. Kawasan Industri Neo Energy Parimo di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah
5. Kawasan Industri Patimban di Subang, Jawa Barat
6. Pembangunan Giga Industrial Park di Sulawesi Tenggara
7. Kawasan Industri Kolaka Resource
8. Kawasan Industri Stargate Astra di Sulawesi Tenggara
9. Pasar ikan dan pusat kegiatan ekonomi di Kawasan Pesisir Surabaya Water Front di Kenjeran, Jawa Timur
10. PLTS dan pengembangan baterai di Neo Energy Morowali
11. Kawasan medicine dan pendidikan di Bumi Serpong Damai (BSD)
12. Kawasan Industri Toapaya di Bintan
13. Jalan tol di Section Harbour Road II
14. Pengembangan jalan tol di Kota Bandung
Sumber: Paparan Menko Perekonomian 18 Maret 2024
▪︎[FEND]