Yayasan Wilwatikta Sriphala Nusantara Serobot Tanah Warga Sumberoto

419 dibaca

▪︎MALANG – POSMONEWS.COM,-
Yayasan Wilwatikta Sriphala Nusantara serobot tanah warga hektaran. Hal itu terungkap saat salah satu warga mengurus peningkatan dari akta jual beli ke sertifikat hak milik. Atas dugaan penyerobotan lahan milik warga Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Sunariyah dan Muntamah adiknya pemilik Akte jual beli No. 67 dan 77, memiliki lahan seluas 10.000 meter persegi dengan Nomor C 1637 Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, milik dari Sukarman. Kepemilikan lahan itu juga diketahui dari adanya Surat PPATS Nomor: 77/2014 dan PPATS Nomor 76/2014 dari Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang.

Pemilik tanah merasa kaget setelah keluar hasil pengukuran ternya lebih dari 2/3 tanah hilang dan telah berubah ke Yayasan Wilwatikta Sriphala Nusantara.

Saat dikonfirmasi ke pihak Desa Sumberoto, Kepala desa Sumberoto, Budi Utomo menjelaskan bahwa memang Yayasan Wilwatikta Sriphala Nusantara berdiri waktu dia menjadi kepala desa dan proses pembelian juga waktu tahun 20-12-2013.

Dari kepala desa saat dikonfirmasi (14/3/2024) di Kepanjen, memang bukan hanya tanah milik mereka berdua yang diserobot oleh pihak Yayasan Wilwatikta Sriphala Nusantara tetapi warga yang lain juga dan hampir setengah dari milik Yayasan Wilwatikta Sriphala Nusantara adalah milik warga di sana.

Kades juga mengatakan bahwa Yayasan Wilwatikta Sriphala Nusantara pada dasarnya berizinkan mendirikan patung bukan Asrama dan yang lainnya.▪︎[AHM]