Tiga Pilar Pimpin Apel Pergeseran Pasukan PAM Pemilu 2024 Menuju TPS

120 dibaca

▪︎LAMONGAN – POSMONEWS.COM,-
Di H -1 Pemilu 2024 ini Dandim 0812/Lamongan Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P.,M.Han., menghadiri apel pergeseran pasukan untuk pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pemilu 2024 yang diselenggarakan di Alun Alun Kabupaten Lamongan, Selasa (13/02/2024).

Barisan pasukan yang tegap berdiri dengan seragam dan perlengkapan, mereka siap untuk melaksanakan tugas pengamanan pemilu 2024 menjalankan tugas negara. Pasukan tersebut terdiri dari barisan Kodim 0812/Lamongan, Polres Lamongan serta barisan Linmas.

Dalam apel pergeseran pasikan ini Bupati Lamongan, Dr. H. Yuhronur Efendi MBA selaku Pimpinan apel pergeseran pasukan untuk pengamanan TPS dalam Pemilu Serentak tahun 2024 menyampaikan ucapkan terimakasih kepada TNI-POLRI dan Linmas atas dedikasinya mengemban tugas yang sangat mulia.

“Besok adalah puncak dalam pesta demokrasi, yaitu tahap pungut dan perhitung suara yang mana diperkirakan akan bisa memicu ancaman kamtibmas yang bisa saja terjadi. Oleh karena itu, harus dilaksanakan pengamanan ekstra, terutama difokuskan di TPS karena TPS merupakan titik yang sangat vital,” ujarnya.

Bupati Lamongan juga menekankan agar petugas yang berada di lapangan nantinya dapat terus bersinergi dan berkoordinasi dengan unsur terkait guna menjaga persatuan dan kesatuan serta mencegah gesekan yang mungkin terjadi.

“Diperlukan pengenalan karakteristik pengamanan dan harus selalu beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang terjadi. Laksanakan koordinasi dan sinergi yang baik antar semua unsur untuk mencegah terjadinya gesekan,” tambahnya.

Sementara itu, Dandim 0812/Lamongan Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P.,M.Han., selepas kegiatan apel menyampaikan bahwa Kodim 0812/Lamongan secara maksimal akan menerjunkan Prajuritnya dalam pengamanan TPS yang tersebar di wilayah Kabupaten Lamongan.

“Selain menyiapkan Pasukan untuk pengamanan langsung di TPS, kami juga menyiapkan Pasukan cadangan sebanyak 1 SSK yang siap bergerak ketika terjadi kontijensi. Tentunya pasukan yang kami siagakan akan bergerak sesuai koordinasi dan instruksi dengan anggota Polres Lamongan,” ujarnya.

Kegiatan apel Pemberangkatan pergeseran Pasukan pengamanan TPS diawali dengan penghormatan dan dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan. Setelah kegiatan apel selesai, acara dilanjutkan dengan pemberangkatan secara simbolis oleh Bupati Lamongan yang didampingi Dandim 0812/Lamongan dan Kapolres Lamongan menuju TPS di seluruh wilayah Kabupaten Lamongan.▪︎[DANAR SP]