KemenPUPR: Truk ODOL Penyebab Jalan IKN Ambles

93 dibaca

▪︎JAKARTA – POSMONEWS.COM,-
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) buka suara usai akses jalan menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) ambles pada Senin (29/1/2024) lalu.

Kepala Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Nusantara, Danis H. Sumadilaga mengungkap amblesnya jalan akses tersebut disebabkan oleh banyaknya truk berat yang melintas.

“Jalan nasional, itu kan ada sawit, ada truk ODOL (over dimension over load), sawit sama ada yang bawa alat berat, di satu titik bruk patah,” jelasnya saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jumat (2/2/2024).

Kendati demikian, Danis menyebut akses jalan nasional tersebut saat ini telah bisa dilewati. Dia mengungkapkan, Kementerian PUPR langsung melakukan penanganan.

“Pagi ambles, siangnya sudah kita tindak lanjuti, sorenya sudah bisa lewat jalan dari arah Semboja, menuju ke KIPP,” pungkasnya.

Beredar informasi yang menggambarkan salah satu dump truck pengangkut kelapa sawit yang terjebak di jalan yang ambrol.

Camat Sepaku, G. Abimanyu Arliandito, menyatakan ambruknya jalan tersebut dikarenakan keruntuhan gorong-gorong.

“Hal ini keruntuhan gorong-gorong menyebabkan akses jalan putus. Untuk sementara ini menggunakan jalan alternatif jadi satu satunya akses sampai akses jalan tersebut diperbaiki,” ujarnya.

Sebelumnya dia juga menyebut bahwa proses perbaikan jalan tersebut ditargetkan dapat rampung dalam 3 hari.▪︎[FEND]