Gelar Bantengan, RIPKI Foundation: Ini Kesenian Unik dan Harus Dilestarikan

186 dibaca

▪︎KOTA MALANG – POSMONEWS.COM,-
Ribuan masyarakat pun nampak membludak, dan sangat antusias dalam menyaksikan kesenian Bantengan yang di gelar oleh RIPKI Foundation bersama Mirza Noeris BaIruddin caleg DPRD Kota Malang Dapil V Kecamatan Lowokwaru Nomor urut 2, dari Partai Gerindra.

Acara yang di gelar Kampung Bioro RW.06 Kelurahan Jatimulyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang pada Sabtu (20/1/2024) malam, juga dihadiri Ketua DPC Partai Gerindra Kota Malang Moreno Suprato.

Ripkianto selaku Founder RIPKI Foundation, mengucapkan terima kasih kepada ketua RW.06 dan Lurah Jatimulyo dan Mirza Noeris BaIruddin serta semua pihak yang mendukung demi terlaksananya acara ini yakni.

“Mudah-mudahan masyarakat Kampung Bioro Kelurahan Jatimulyo dapat terhibur. Dan yang lebih menariknya Bantengan dari Putro Cempoko baru saja menyelesaikan kepala banteng asli,” ungkapnya.

Dan melalui kesenian acara seni Bantengan ini, RIPKI Foundation tidak lupa mengenalkan Mirza Noeris BaIruddin yang maju sebagai caleg DPRD Kota Malang nomor urut 2 dapil Lowokwaru dan Moreno Suprapto caleg DPR RI dapil Malang Raya nomor urut 1 dari Partai Gerindra.

“Jadi kita (RIPKI Foundation) sengaja membuat acara seni Bantengan ini karena Bantengan sangat unik dan patut dilestarikan. Dan Bantengan ini adalah sebuah seni pertunjukan budaya tradisi yang berasal dari Jawa Timur,” kata Ripki.

“Dan Untuk masyarakat Bioro, tentunya kita juga mohon doa dan dukungannya untuk adik saya Mirza dan Kakak saya Moreno yang maju sebagai caleg DPRD Kota Malang dan DPR RI” pintanya

Ucapan yang sama dikatakan Mirza, acara ini adalah bagian untuk mengajak semua elemen masyarakat dalam membantu kita dalam merawat dan melestarikan budaya seni Bantengan yang menggabungkan unsur sendratari, olah kanuragan, musik, dan mantra.

Sementara itu, Moreno Suprapto yang hadir dan menyaksikan seni Bantengan mengatakan bahwa acara ini adalah bentuk kepedulian terhadap budaya Bantengan, yang mungkin kelestarian ini juga bagian dari kearifan lokal.

“Seperti di Jakarta itu kan belum tahu seni Bantengan ini, setelah saya melihat ini tadi Bantengan nya lebih otentik karena menggunakan musik gamelan,” katanya.

Ia menganggap acara ini sangat bagus untuk anak-anak muda ke arah yang lebih positif. Dan ini adalah bukti komitmen dari RIPKi Foundation dan Mirza Noeris BaIruddin Caleg dari partai Gerindra.

“Melalu seni Bantengan ini kita juga tidak lupa terhadap jati diri bangsa, dan juga dapat membawa lingkungan lebih guyub, para pemuda lebih positif,” ucap Moreno.

Acara yang prakarsai RIPKI Foundation ini sangat meriah dan sukses, dan sebelum acara seni Bantengan, di pagi hari juga dilakukan senam Gemoy bersama masyarakat Jatimulyo, Lowokwaru Kota Malang.
▪︎[AHM/Cha]