Libur Sekolah Semester Ganjil 2023/2024. Pesan Kacabdin Kab.Lamongan

506 dibaca

▪︎LAMONGAN-POSMONEWS.COM,-
Hari ini, Jumat (22/12/2023) merupakan hari pertama Libur Sekolah Semester Ganjil 2023/2024 di wilayah Jawa Timur atau daerah lain yang memiliki jadwal yang sama. Setelah melakukan penilaian akhir semester dilanjut dengan penerimaan rapor hasil akhir pembelajaran semester ganjil ini para siswa berkesempatan untuk menikmati libur akhir semester sekaligus akhir tahun.

Kebetulan libur sekolah semester ganjil di bulan Desember ini juga biasanya akan dimulai pada Libur Natal hingga tahun baru. Meski demikian, kita perlu mengetahui dan memantau jadwal liburan pada tiap provinsi.

Berikut merupakan jadwal libur sekolah semester ganjil 2023/2024 dilansir dari kalender akademik tiap provinsi di Jawa dan Bali :

▪︎Provinsi Banten
Libur Semester Ganjil: 16 Desember 2023 – 2 Januari 2024

▪︎Provinsi DKI Jakarta
Libur Semester Ganjil: 18 Desember 2023 – 1 Januari 2024

▪︎Provinsi Jawa Barat
Libur Semester Ganjil: 27 Desember 2023 – 9 Januari 2024

▪︎Provinsi Jawa Tengah
Libur Semester Ganjil: 18 Desember 2023 – 1 Januari 2024

▪︎Provinsi DI Yogyakarta
Libur Semester Ganjil: 25 Desember 2023 – 1 Januari 2024

▪︎Provinsi Jawa Timur
Libur Semester Ganjil: 22 Desember 2023 – 1 Januari 2024

▪︎Provinsi Bali
Libur Semester Ganjil: 18 Desember 2023 – 1 Januari 2024.

Meski di Jawa dan Bali memiliki jadwal awal liburan yang berbeda tetapi rata-rata berakhirnya hampir saja yakni tanggal 1 Januari, sehingga tanggal 2 Januari 2024 sudah mulai beraktifitas lagi.

Menyoal Libur Sekolah Semester Ganjil 2023/2024 yang beririsan dengan peringatan Natal dan khususnya Tahun Baru yang identik dengan euforia pesta, maka perlu sebuah pesan dan himbauan agar para siswa yang menikmati liburannya dapat menggunakannya dengan positif.

Adalah Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Wilayah Kabupaten Lamongan, Hidayat Rahman, S. Pd., M. M. kepada media ini memberi pesan bijak dan nasehat untuk semua insan pendidikan, terutama para siswa, guru dan tendik SMA/ SMK yang ada di wilayahnya.

Di awal pesannya, Pak HR – panggilan familier Hidayat Rahman – menuturkan pada segenap lembaga yang diampunya di Kab. Lamongan, bahwa Cabdin mengucapkan selamat dan sukses, dan mohon maaf jika ada pelayanan dari Cabdin yang kurang maksimal. Selanjutnya untuk para siswa Hidayat juga berpesan khusus.

“Bahwa anak-anakku, telah menerima raport, hal itu sebagai laporan prestasi kalian di semester ganjil. Saya ucapkan selamat untuk yang berprestasi, sedangkan yang belum, masih ada kesempatan di semester ganjil nanti. Mari kita disela-sela liburan ini kalian gunakan dengan kegiatan positif. Hindari hal-hal yang negatif, serta tidak berguna. Intinya gunakanlah masa liburan ini dengan sebaik-baiknya untuk menjadi jalan meraih cita-cita,” tuturnya.

Sedangkan untuk lembaga atau pihak sekolah Hidayat Rahman juga berpesan agar jaga K3, yakni Kesehatan, Keselamatan Kerja. Mengingat di bulan ini merupakan musim penghujan yang rawan dengan bencana karena air, longsor, dan angin puting beliung.

Karenanya HR berharap lembaga sekolah selalu berkoordinasi dengan pihak terkait. Perlu juga cek lingkungan dan jika ada inisiatif perbaikan, misalnya yang sekiranya ada peralatan listrik, saluran air, dll yang belum maksimal, bisa dicari solusinya.

Juga pohon-pohon yang kurang tepat dan berpotensi membahayakan di musim penghujan dan angin, Maka lakukan pemangkasan. Namun tetap menjaga estetika dan etika. Ia berharap seluruh stekhokder sekolah melaksanakan itu.

Di akhir pesannya, Pak Kacabdin yang gemar berziarah di makam-makam wali songo ini juga mewanti-wanti kepada GTK, karena di tahun 2024 Tahun Politik.

“Tahun 2024 nanti merupakan suasananya tahun politik, agar tetap menjaga sifat-sifat atau tindakan atau berbuat yang kurang baik. Marikah kita jaga ketertiban, untuk guyub rukun, jaga kondusifitas pendidikan di Kab Lamongan, sehingga Lamongan tetap Megilan. Mari kita bersama-sama mensukseskan program pemerintah baik pemerintah pusat, propinsi, dan daerah. Selamat berlibur, selamat tahun Baru, mudah-mudahan di tahun 2024 kita menjadi orang-orang yang lebih baik, tambah baik dan lebih sukses. Terima kasih,” pungkasnya.▪︎[DANAR SP]