Mengenang Sosok Eddy Rumpoko, Mantan Wali Kota Batu

251 dibaca

▪︎KOTA BATU – POSMONEWS.COM,-
Wali Kota Batu periode 2007-2017, H. Eddy Rumpoko, meninggal dunia di usia 63 tahun. Rencananya jenazah Eddy Rumpoko dimakamkan di Taman Makam Pahlawan di Kota Batu. Diketahui almarhum meninggal dunia pada Kamis, (30/11/2023) sekitar pukul 05.30 WIB di RS dr. Kariadi Semarang.

“Saat ini jenazah sudah dalam perjalanan,” ucap Ketua Koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Batu, Simon Purwo Ali.

“Rencananya akan dimakamkan di TMP, tetapi untuk saat ini masih dalam proses perizinan,” imbuh Simon.

Sebelum dimakamkan, rencananya jenazah bakal disalatkan di Masjid Brigjend Soegiyono, Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Jalan Pangliman, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu. Karena itu saat ini pihak takmir tengah mempersiapkan.

Sosok Eddy Rumpoko tidak terlepas dengan karirnya di dunia politik dan olahraga. Dia merupakan Wali Kota Batu dua periode pada tahun 2007-2012 dan 2012-2017.

Dia dikenal sebagai Wali Kota yang sukses memajukan Kota Batu di sektor pariwisata, sehingga berhasil menjadi daya tarik di Jawa Timur.

Keberhasilan itu karena sebelum dan saat awal Eddy menjabat wali kota Batu, kondisi pariwisata di Kota Batu sedang turun-turunnya.

Berbagai usaha pariwisata seperti hotel dan restoran rata-rata mengalami kebangkrutan. Namun, Eddy justru berani membuka keran investasi, sehingga terdapat tempat-tempat wisata baru.

Di masa kepemimpinan Eddy, Kota Batu dikenal dengan slogan Kota Wisata Batu. Ia juga berhasil menjadikan Alun-alun Kota Batu sebagai destinasi wisata yang murah meriah bagi semua kalangan masyarakat.

Karir Eddy di dunia politik tidak lepas dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Ia pernah ditunjuk sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDI-P Kabupaten Malang pada tahun 2015. Ia juga pernah menduduki posisi Ketua DPC PDI-P Kota Malang.

Ia juga pernah ditunjuk oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI) Imam Nahrawi sebagai tim transisi PSSI pada 8 Mei 2015. Di ujung periode kedua menjabat sebagai Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko tersandung kasus suap pada September 2017.

Eddy merupakan pria kelahiran Manado, Sulawesi Utara, pada 8 Agustus 1960. Ia merupakan anak dari pasangan Brigjen TNI (Purn) Soegiyono dan Egnie Rumambe. Ayahnya dikenal sebagai Ebes Soegiyono, dan juga mantan Wali Kota Malang pada periode 1973-1983.

Sang ayah juga merupakan salah satu perintis berdirinya klub sepak bola PS Arema. Eddy meninggalkan seorang istri yang juga mantan Wali Kota Batu 2017-2022, Dewanti Rumpoko. Selain itu, juga dua orang anak yakni Dinasty Rumpoko dan Ganis Rumpoko.▪︎[AHM/KMP]