Persada I Sako Pramuka Kwarcab Sidoarjo Sukses

212 dibaca

▪︎SIDOARJO–POSMONEWS.COM,-
Persada (Perkemahan Persaudaraan) I Sako (Satuan Komunitas) Pramuka Kwarcab (Kwartir Cabang) Sidoarjo di Bumi Perkemahan Tanjekwagir, Kecamatan Krembung, Sidoarjo, Jum’at – Sabtu (17 – 18 /11/2023) sukses.

Diikuti oleh 3 Sako yang ada di Kwarcab Sidoarjo, yakni: Sako Maarif NU (Nahdlatul Ulama), Sako SIT (Sekolah Islam Terpadu), dan Sako SPN (Sekawan Persada Nusantara).

Ketua panitia Persada I Sako Pramuka Kwarcab Sidoarjo, Kak Drs. Misbahul Munir melaporkan, perkemahan persaudaraan Satuan Komunitas ini adalah yang pertama kali dilaksanakan di Kwarcab Sidoarjo. Diikuti oleh ketiga Satuan Komunitas, sebanyak 47 putra dan 84 putri, dengan jumlah total 131 orang peserta.

“Kali ini khusus untuk tingkat Pramuka Penggalang,”katanya.

Wakil Ketua Kwarcab Sidoarjo Bidang Gudep, Sako, dan Gugus Darma, Kak Drs. Amirudin, M.Pd.I mewakili Ketua Kwarcab Sidoarjo, Kak Subandi, SH dan Ketua Harian Kwarcab Sidoarjo, Kak Dr. Mustain Baladan, M.Pd.I, membuka Perkemahan Persaudaran Sako Pramuka tersebut dengan berpesan khusus untuk membina dan menjaga persaudaraan.

“Selain bersaudara, kita di sini belajar bersama-sama. Jangan saling ejek, harus mandiri, hargai dan hormati para pembina dan pendamping. Tunjukkan yang terbaik, dan ingat manajemen waktu. Oleh karena itu jangan lupa sholat,”katanya.

Kak Amirudin mengucapkan terima kasih kepada semua Pinsako dan Kamabigus yang sudah mengirimkan peserta didiknya dalam Perkemahan Persaudaraan (Persada) I Pramuka Kwarcab Sidoarjo tersebut. Diingatkan, dalam Pramuka menganut metode dan sistem satuan terpisah. Oleh karena itu, kapling tenda putra dan putri dipisah.

Persada I Sako Pramuka Kwarcab Sidoarjo ini dihadiri oleh Ketua Pinsako Maarif NU Sidoarjo, Kak Drs. Amirudin, M.Pd.I; Ketua Pinsako SIT Sidoarjo, Kak M. Lukman Sudjayanto, S.T, M.Pd; dan Ketua Pinsako SPN Sidoarjo, Kak Drs. Koesmoko. Juga, dihadiri oleh para pembina Pramuka dari Kwarcab Sidoarjo.

Adapun materi dalam Persada I Sako Pramuka Kwarcab Sidoarjo yaitu: pionering, semaphore, morse, sandi, PBB bertongkat, pentas seni, jinggel, muatan lokal Ke-Sako-an, api unggun gembira, bakti penggalang, dan keagamaan. Pada kesempatan tersebut, masing-masing Ketua Pinsako juga diberi waktu khusus untuk mengenalkan Sako-nya masing-masing sekaligus memberikan nasihat kepada adik-adik peserta perkemahan persaudaraan tersebut.

Sebelumnya, Ketua Harian Kwarcab Sidoarjo, Kak Dr. Mustain Baladan, M.Pd.I berharap, dengan Perkemahan Persaudaraan Sako ini, generasi muda antar-ormas Islam bisa saling mengenal dan guyub rukun.

“Semua ini, Alhamdulillah bisa diwadahi dengan kegiatan Kepramukaan,”katanya. ▪︎(Koesmoko, Ketua Pinsako SPN Sidoarjo)